Daftar Blog Saya

Awas Penyakit Perfeksionis!

Awas Penyakit Perfeksionis!

jangan jadi perfect, mahal harganya!
Saya dulu pernah terkena sindrom perfeksionis. Sebelum mulai membuat situs, saya selalu yakin dan optimis. “Situs ini pasti sempurna!” Lalu saya susun rencana, strategi-strategi pemasarannya, produk-produk andalannya, desain situsnya dll. Aha…situs ini pasti yang terbaik!
Setiap detil dari situs itu saya pertimbangkan baik-baik. Artikel-artikelnya juga harus yang terbaik dan tidak tertandingi. Itu yang menggebu-gebu dalam pikiran saya. Pokoknya…situs ini harus sempurna!
Tapi, kemudian apa yang terjadi? Saya selalu terpaku untuk yang terbaik. Apapun yang saya hasilkan, saya tak pernah puas. Karena, saya merasa selalu saja ada kekurangan. Jujur, saya takut kalau situs ini tak sesempurna yang saya bayangkan.
Namun hasilnya saya malah jadi tidak percaya diri. Apalagi kalau ada masukan dan kritik dari orang lain. Saya jadi semakin ciut. Dan, akhirnya ragu apakah situs ini benar-benar menjanjikan?
Ah! Kesempurnaan yang saya harapkan kok malah jadi hambatan untuk sukses?
Hehe… hal seperti ini memang kerap menghampiri para pebisnis internet. Semuanya ingin jadi sempurna. Pada intinya memang agar kita bisa mendapat banyak keuntungan.
Jika anda ingin punya hasrat menghasilkan situs yang paling OKE sedunia itu bagus. Keinginan seperti itu memang harus ditanamkan. Hanya saja, hasrat jadi sempurna itu punya efek samping. Dan, efek samping itu yang merugikan. Keinginan itu bisa melumpuhkan kemampuan anda yang sebenarnya. Hasilnya, tujuan-tujuan anda tidak akan tercapai.
Seperti yang tadi saya katakan di atas, misalnya, saya harus menulis artikel yang paling bagus! Karena pembaca hanya akan memilih yang terbaik. Konsekuensinya, saya terus menulis dan menulis. Satu tema saja bisa saya tulis berulang kali. Dan, saya masih tidak merasa puas. Apa anda juga pernah mengalami hal yang sama? Sangat tidak enak kan?
Semestinya kan saya bisa mengerjakan hal yang lain. Bukan berarti memberikan yang terbaik itu salah. Tapi, terlalu perfeksionis bisa memperlambat bisnis anda.
Akibat lainnya, kita jadi keras kepala. Kalau tidak sempurna, tidak akan terpakai. Pikiran jadi berat, jiwa juga lelah. Hasilnya, kita tidak akan bersemangat lagi menyelesaikan situs itu. Sementara anda masih saja terus cemas. “kok nggak bagus ya? Masih ada yang kurang deh!” Terus…dan terus…berpikiran demikian.
Akhirnya … situs yang harusnya launching bulan Agustus bisa molor sampai Agustus tahun depan. Wah…wah… gawat!
Selanjutnya, apa yang harus kita lakukan? Kalau dipikir-pikir, memuaskan semua orang itu kan tidak mungkin. Dan, kita memang tidak bisa memuaskan mereka seketika. Setiap pengunjung itu hanya akan mencari hal yang mereka butuhkan.
Kemudian kalau mereka menemukan kekurangan, mereka akan memberi respon. Apa saja yang kurang dari produk kita? Nah jadikan saran mereka sebagai umpan perbaikan. Asyik kan? Sambil bisnis kita tetap jalan, kita juga dapat kesempatan untuk perbaikan. Sebaliknya, kalau produk-produk anda juga tidak segera diluncurkan, bagiamana mereka bisa memberi respon. Iya kan?
Prinsipnya sederhana: Jadikan kesempurnaan itu sebagai motivasi. Tapi jangan sampai melewati batas waktu.
Maka, setiap kali anda punya ide cemerlang, segera susun rencana dan wujudkan!
Banyak yang bilang sukses berbisnis internet itu tidak perlu ide unik dan desain situs yang sempurna. Situs dengan kualitas rata-rata pun bisa menghasilkan uang yang anda inginkan. Intinya, perfeksionis itu penyakit menyebalkan!
Tapi, kini saya tidak khawatir lagi terjangkit penyakit perfeksionis. Saya sudah punya obatnya. Anda mau?
  • Jangan tunggu ide revolusioner muncul di otak anda. Percuma, ini tidak akan terjadi. Fokus saja pada hal-hal yang sederhana dan lakukan sesegera mungkin.
  • Jangan buang waktu untuk melakukan riset pasar. Luncurkan saja produk uji coba secepat mungkin. Untuk perbaikan produk, lakukan saja setelah launching.
  • Jangan terlalu banyak punya rencana bisnis. Karena tidak semuanya bisa menghasilkan.
  • Jangan buat rencana pemasaran besar-besaran. Akan lebih penting dan bermanfaat kalau masyarakat menyukai produk kita.
  • Jangan hanya fokus pada jumlah uang yang anda hasilkan. Fokuslah pada pengunjung situs anda. Kalau produk anda sukses, uang akan datang sendiri. So, jangan jadikan uang sebagai tujuan.
Untuk sukses tidak perlu menyiksa diri kan? Intinya, segera wujudkan ide anda! Dan, selalu lakukan perbaikan…
Selamat mencoba!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda.
Terimakasih.

Menggaet Pelanggan Setia

.

Menggaet Pelanggan Setia

pelanggan itu raja
Pengusaha situs web itu seperti pengusaha restoran. Berusaha menarik pelanggan setia sebanyak-banyaknya. Orang makan di restoran itu tidak cuma cari kenyang. Pelanggan juga cari kenyamanan dan pelayanan yang baik. Nah, pengunjung situs web pun demikian. Mereka tidak hanya perlu informasi. Tapi, mereka juga ingin dimanjakan dengan fasilitas dari situs anda.
Maklum, semua orang pada dasarnya hanya ingin yang terbaik. Anda tidak ingin pembeli komplain dan kapok mengunjungi situs anda kan? Wah, jangan sampai deh situs web kita masuk daftar blacklist pengunjung.
Pembeli berkuasa karena mereka yang menentukan keberhasilan situs kita. Jika anda berada di posisi pembeli, anda pasti akan bertindak sama kan? Mintanya macem-macem…
Membuat pengunjung ”ketagihan” harusnya sudah anda pikirkan sebelum anda luncurkan produk. Jadi saat pengunjung mencoba produk anda, mereka sudah merasakan kelebihan produk anda. Kualitas pelayanan, harga yang cocok, dan produk yang bagus. Dijamin mereka pasti merekomendasikan situs anda pada orang lain.
Sebaliknya jika para pengunjung tidak nyaman, jangan harap mereka kembali. Apalagi, memberi rekomendasi. Ah…impossible!
Bagi sebagian orang, situs anda dianggap sangat berguna. Tapi tak bisa disangkal, pasti ada juga yang menilai situs anda tidak menarik. Bahkan sangat membosankan. Maklumlah… setiap orang kan punya selera yang berbeda.
Tapi, ingat… jangan anti kritik. Karena kritik itu penting untuk membuat bisnis anda maju. Namun, kita juga tidak bisa menuruti kemauan semua pelanggan sekaligus. Karena kita akan kesulitan sendiri nantinya.
Sebagai penjual, kita harus terus mencari formula “bagaimana caranya mendapat pelanggan setia?” Kalau pertanyaan ini terjawab, produk anda pasti laku.
Kalau saya, bikin aja produk yang paling banyak diminati. Lalu, terus pikat pengunjung dan rekatkan mereka satu sama lain. Kemudian kenalkan secara bertahap produk-produk andalan anda. Buatlah mereka familiar dengan produk tersebut.
Oh iya, sebelum membuat situs, tentukan dulu spesialisasi produknya. Maksudnya, satu situs untuk satu kebutuhan tertentu. Biar pangsa pasarnya jelaslah… Buat juga sub-domain dan handbook atau pedoman bagi para pengunjung baru. Bikin juga rencana anggaran. Dan, beri suvenir-suvenir untuk pelanggan. Ini penting untuk menambah nilai plus.
Gampang kan?
Percaya deh, pengunjung anda pasti balik lagi dan balik lagi.
Masih punya ide?
Kalau anda masih punya ide-ide untuk menarik pengunjung, anda harus segera mewujudkannya. Jangan sampai jadi basi. Kan eman-eman… Atau, jangan-jangan anda kesulitan menuangkan ide-ide itu. Ah! Tenang saja. Saya juga pernah mengalaminya kok. Meski saya sudah punya beberapa situs.
Setelah semua situs launching, kadang saya merasa ”kok kayak belum lengkap ya…? rasanya belum semua ide-ide saya nongol…”
Nah, anda mau ikut cara saya? Boleh kok…
Silakan evaluasi lagi situs anda. Rencanakan saja laba yang ingin anda dapat dari produk anda. Perkirakan juga, apa untungnya pelanggan membeli produk kita?
Untuk membuat produk kita laris tidak perlu ide yang muluk-muluk! Keluarkan aja ide-ide anda secara bertahap. Jangan lupa untuk membuat launching yang menarik. Ini berfungsi sebagai umpan.
Ah… satu lagi yang hampir lupa! Belajar dari pesaing anda juga penting. Anda  bisa cari tahu mengapa situs pesaing anda itu laris. Lalu, pasang standar minimal untuk produk anda. Apapun yang dimiliki pesaing anda, itulah hal yang paling sederhana yang ada di situs anda. Tapi, anda harus tetap berpikiran kalau pesaing anda itu jauh di atas anda. Maksudnya, agar anda terus berbenah dan meningkatkan kualitas.
Yang terakhir, siap-siaplah SUKSES MENDEKATI ANDA!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda.
Terimakasih.

8 TIPS MENJALANKAN INTERNET DARI RUMAH



8 Tips Menjalankan Bisnis Internet dari Rumah

mulai bisnisKebanyakan orang yang memulai bisnis internet, biasanya menjalankannya dari rumah. Ada yang cukup dengan sebuah meja dan kursi serta komputer yang tak jauh dari tempat tidur, ada juga yang sudah memiliki ruang kerja khusus di rumah, atau mungkin ada juga yang masih menjalankannya di warnet. Tak masalah… Saya pun melakukanya dulu waktu masih merintis bisnis ini. Yang penting, bisnis internet harus terus berjalan.
Nah, karena mayoritas pebisnis internet kemudian memilih kerja di rumah untuk menjalankan bisnis internetnya, saya ingin bagikan bagaimana tips menjalankan bisnis internet dari rumah. Di sini saya tak akan membahas mengenai produk, membuat situs web, atau promosi di internet.
Di sini akan dibahas mengenai bagaimana melakukan bisnis internet dari rumah.
  1. Tetapkan jam kerja. Sekalipun mungkin anda baru mulai bisnis internet dan hendak menjadikannya bisnis sampingan, anda harus punya jam kerja yang anda patuhi. Mungkin dua jam per hari, empat jam atau berapa jam?
  2. Buat area kerja khusus. Kalau anda punya ruang kerja tersendiri di rumah anda itu akan lebih baik. Namun jika tidak, anda tetap bisa lakukan itu dengan menciptakan suasana kerja di area yang anda beri pembatas yang menegaskan kalau area tersebut merupakan ruang kerja anda– sekalipun mungkin area tersebut tak jauh dari tempat tidur anda. :) Melakukan hal itu akan membuat anda lebih fokus saat menjalankan bisnis internet anda.
  3. Tetapkan target dan atur prioritas. Tiap hari anda harus memiliki target dan prioritas yang harus anda selesaikan. Menetapkan prioritas akan membantu anda lebih produktif dan tak banyak buang waktu.
  4. Rapi. Rapikan diri anda setiap akan mulai kerja. Begitupun dengan area kerja anda. Singkirkan barang-barang yang tak berkait dengan pekerjaan anda. Rapikan juga hal-hal yang berhubungan dengan bisnis internet anda. Simpan username, password, url reseller/affiliate secara rapi agar anda mudah menggunakannya.
  5. Fokus. Saat mulai menjalankan bisnis internet, fokus pada apa yang harus anda lakukan. Jangan pikirkan hal lain. Cukup fokus apa yang harus anda lakukan saat ini. Lakukan dengan penuh semangat!
  6. Disiplin. Lakukan aktivitas bisnis internet anda secara disiplin. Agar anda disiplin, ingat kembali apa visi bisnis internet anda. Apa yang ingin anda hasilkan dan perbuat dengan bisnis internet anda itu. Pasti ini akan membantu meningkatkan semangat anda.
  7. Rancang anggaran bisnis internet. Seperti anggaran untuk pengembangan bisnis internet, anggaran untuk marketing dan iklan, anggaran untuk pembelajaran bisnis internet, anggaran operasional, dsb. Di sini kalkulasi investasi bisnis internet anda bermain.
  8. Atur waktu bersama keluarga. Jangan abaikan keluarga anda. Mungkin si kecil harus anda antar ke sekolah terlebih dahulu atau ini waktunya jalan-jalan bersama keluarga. Atur waktu bersama keluarga anda tercinta.
Inilah delapan tips menjalankan bisnis internet dari rumah. Anda bisa praktekkan sekarang.
Salam SMART BRAIN
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda 
Terimakasih.

Di Saat Uang Sudah Bukan Segalanya Lagi

Di Saat Uang Sudah Bukan Segalanya Lagi

ada yang lebih penting dari uangSaat memulai bisnis internet, saya memang benar-benar “GILA”. Seluruh waktu saya habis untuk pekerjaan ini, sampai melupakan keluarga. Tujuan utama saya hanya satu waktu itu: SUKSES. Saya sangat yakin bisa sukses di sini. Karena memang sukses berbisnis internet itu bukan khayalan tingkat tinggi. Bahkan, banyak yang sudah lebih dulu kaya dari internet.
Hasilnya, ke-GILA-an saya waktu itu tidak sia-sia. Paling tidak saya bisa mewujudkan sebagian impian dengan uang yang telah saya peroleh.
Saya memegang keyakinan bahwa uang sangat penting, tapi bukan segalanya lagi. Ada hal lain selain uang yang juga menentukan kebahagiaan anda. Tapi saya masih sangat yakin: dengan uang anda bisa memperbesar peluang kebahagiaan anda. Anda bisa mencukupi segala kebutuhan keluarga, istri dan anak yang menjadi amanat untuk anda. Memberikan pengobatan yang layak jika mereka sakit. Anda bisa membantu orang-orang terdekat yang kurang mampu, dan tidak hanya meratapi nasibnya, dan sebagainya.
Kebahagiaan memang tidak bisa diartikan dengan uang yang banyak. Harus ada keseimbangan dalam hidup yang bisa membuat kita bahagia lahir dan bathin. Sayang kalau hidup yang singkat ini hanya kita gunakan untuk cari uang. Kata Pak Kyai, “uang nggak dibawa mati.” Ya, sekarang kita masih bernafas. Tapi, siapa yang tahu apa yang akan terjadi esok?
Jika anda sudah bisa memberikan uang yang banyak untuk keluarga, sudahkah anda juga memberikan waktu yang melimpah untuk keluarga anda? Untuk anak-anak anda? Jika anda sudah bisa membahagiakan mereka secara lahir, sekarang saatnya mulai bahagiakan mereka secara bathin.
Bagaimana caranya?
Bebaskan Diri Anda!
Bagaimana caranya? Satu-satunya jalan, biarkan bisnis anda berjalan sendiri tanpa melibatkan anda. Gunakan waktu anda lebih banyak untuk keluarga. Biarkan bisnis anda bekerja keras untuk anda. Buatlah situs-situs web anda jadi sumber pendapatan pasif (passive income) tanpa perlu curahkan perhatian menerus padanya.
Anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini.
  • Tabung dan investasikan kembali. Simpan sebagian pendapatan anda dari situs web. Sebagian lagi bisa anda investasikan di bursa saham/forex, bisnis properti, atau beli aset-aset online. Cara ini banyak dipilih karena tetap menghasilkan uang. Setidaknya, ini berguna. Jika setiap saat saya putuskan untuk berhenti berbisnis online, saya siap.
  • Buat sistem agar bisnis berjalan otomatis. Pekerjakan orang-orang untuk mengelola situs web anda. Atau, buat sistem untuk menggabungkan kinerja situs web anda. Pekerjakan seorang manajer yang mampu menjalankannya. Cara ini efektif untuk mendapat penghasilan yang lumayan. Sementara itu anda bisa menemani keluarga anda. Tapi, ingat! Anda harus tetap mengontrol bisnis anda.
  • Jual bisnis (situs web anda). Anda akan dapat dana segar yang bisa anda gunakan untuk keperluan pribadi. Atau, investasikan pada bidang lain yang anda suka. Pilihan ini bisa anda lakukan jika anda benar-benar bosan bekerja di bisnis ini.
Bagaimana masa depan bisnis internet saya?
Saya ingin bisnis saya besar, sebesar mungkin. Jika anda tanya bagaimana minat saya di bisnis internet saat ini, saya akan jawab, “Minat dan perhatian saya luar biasa besar!” Tapi saya tidak ingin berada di dalamnya selamanya. Yang pasti bisnis ini akan terus ada selama saya masih tertarik mengurusnya. Bisa dikatakan bisnis ini adalah bentuk dari kepuasan pribadi. Dan, sedikit banyak situs web saya sudah menjadi sumber penghasilan.
Akan ada saatnya bagi saya untuk benar-benar berhenti dari bisnis ini dan membiarkan mereka berjalan mengalirkan uang setiap hari tanpa saya perlu terlibat di dalamnya. Saat itu saya akan mengejar impian lain yang tidak bisa dinilai dengan uang. Saya yakin anda juga berpikiran seperti saya. Anda punya ”suatu hal” lain yang ingin anda capai dalam hidup. Mungkin saja anda ingin meraih cita-cita masa kecil yang belum keturutan?
Semoga anda tidak pernah berhenti bermimpi. And I still have a dream right now…Ah…saya jadi ingat lagunya ABBA.
I have a dream…
To song a sing…
To help me cope with anything…
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda.
Terimakasih.

Mau Jadi Raja Situs Web?

Mau Jadi Raja Situs Web?

raja situs web‘Saya akan sukses bisnis di internet !’
Saat ide ini terbersit, saya yakin anda sudah mantap dengan masa depan anda. Wah, saat itu anda pasti sudah bayangkan apa saja yang akan anda lakukan dengan situs web anda. Ide-ide itu sudah menari-nari di kepala anda.
Kita semua punya cara masing-masing, untuk mengembangkan usaha ini. Jenis-jenis produk yang kita buat juga berbeda. Tetapi, persaingan tetap tidak akan bisa dihindari.
Tenang saja, selama anda terus mempunyai ide-ide baru untuk bisnis web, anda akan terus SUKSES. Dan yang pasti penghasilan anda akan semakin berlipat.
Jadilah raja situs web! Coba anda bayangkan kalau jadi raja situs web. Bagaimana situs-situs web anda menjadi tujuan favorit pengakses internet. Berapa banyak orang yang kemudian mendapat pencerahan dari situs anda. Dan pasti nama anda juga akan terkenal, tidak kalah dengan para artis.
Jangan khawatir, saya punya cara untuk menuju kesana. Penasaran? Dengan senang hati saya bagi resepnya:
Jadilah peramal
Maksud saya bukan peramal nasib atau jodoh. Kalau itu sih namanya dukun. Bukan… bukan itu maksud saya. Anda tidak perlu jadi dukun, tapi anda cukup ramalkan respon pelanggan terhadap produk anda.
Jika produk anda tak banyak peminat, anda harus langsung bertindak. Lihatlah hasil penjualan anda. Anda juga perlu tahu komentar pengunjung tentang situs anda. Dari sini anda bisa tahu apakah situs anda diterima pasar?
Jika memang hasil situs ini kurang memuaskan, segera lakukan evaluasi. Sediakan hal-hal yang memang jadi kebutuhan pasar. Masih belum berhasil? Jalan terakhir, jual saja situs anda!
Bertahan karena anda unik
Anda punya rencana jangka panjang untuk situs anda kan? Di antara rencana itu, masukkan salah satu jurus anda untuk menghadapi pesaing. Gali terus ide-ide baru.
Begitu juga dengan cara-cara penjualannya. Carilah cara yang unik, berbeda dengan pesaing-pesaing anda. Juga jangan malas berpromosi. Lakukan segala cara agar pengunjung tak pernah lupa dengan situs anda. Tapi jika anda sudah kalah bersaing, tinggalkan situs anda! Dan, mulailah yang baru.
Fokuskan usaha anda
Ide-ide sukses akan tercapai jika anda benar-benar 100 % fokus pada usaha anda. Semakin anda percaya bahwa anda akan berhasil, anda harus semakin menekan ide-ide itu.
Ingin jadi blogger professional? Maka, fokuskan seluruh hari-hari anda untuk mengerjakan pekerjaan ini. Lebih baik segera lakukan yang anda rencanakan. Mulai sekarang juga!
Nah, sudahkah anda menciptakan ide-ide baru? Saya akan lebih senang jika anda juga punya cara-cara yang lebih baik lagi untuk maju. Dan, saya yakin ide-ide itu akan menghasilkan keuntungan yang luar biasa bagi anda. Oya, jangan lupa untuk terus menjaga dan menambah relasi-relasi online anda ya!
Dengan cara-cara itu situs-situs web anda akan banyak menghasilkan duit.
Ayo, jadi raja situs!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK andaTerimakasih.

Kreativitas, Mengubah Yang Terbatas Menjadi Tanpa Batas


Kreativitas, Mengubah Yang Terbatas Menjadi Tanpa Batas

kreativitasApa sih modal utama seorang pebisnis atau pengusaha?
Kreativitas!
Dari sekian buku tentang kiat pengusaha sukses yang saya baca, saya simpulkan kreativitas itu kunci utamanya. Mau bisnis online ataupun offline, ya sama-sama harus kreatif. Bila tidak, jangankan bertambah maju, untuk membuat bisnis bertahan saja sangat sulit.
Selanjutnya kreativitas bisa diwujudkan dalam berbagai strategi dan perencanaan. Modal sedikit bisa sukses asal kita kreatif memanfaatkan sumber daya yang ada. Bisnis internet merupakan sumber daya kita yang terbatas. Asetnya cuma produk situs web dan relasi-relasi online, tapi kreativitaslah yang membuatnya menjadi sumberdaya tak terbatas.
Inilah yang namanya tantangan bisnis. Bagaimana cara anda menghasilkan uang yang banyak dari sumber yang terbatas. Benar begitu kan?
Bagi pebisnis, memilih lahan usaha itu berarti investasi. Anda pasti berharap investasi anda sukses. Karena, uang akan terus masuk ke kantong anda. Tapi, jangan cepat senang jika investasi anda itu sudah menghasilkan uang. Karena pasar bisa cepat berubah.
Karena itu, jangan pernah berhenti.
Kembangkan…kembangkan… dan kembangkan sampai menghasilkan keuntungan yang berlipat…berlipat… dan terus berlipat…
So, jangan berhenti sampai di sini! Kembangkan terus ! Investasikan kembali keuntungan-keuntungan itu.
Ini sangat penting bagi para blogger dan pebisnis internet. Kesuksesan anda tergantung pada investasi asset-aset online, besar keuntungan yang anda dapat, dan biaya pemeliharaan situs yang anda keluarkan. Jadi, sementara anda terus memelihara satu situs, anda harus terus merencanakan membuat produk baru.
Nah, di sinilah pentingnya kreativitas. Hasilkan sesuatu yang baru lagi. Dan, yang pasti berbeda dari yang sudah ada.
Untuk mengembangkan situs web, anda bisa pelajari situs-situs web yang sudah ada. Melihat perkembangan diri sendiri itu juga penting untuk merangsang kreativitas. Pikirkan dengan cermat, kira-kira situs anda memberikan keuntungan besar atau tidak? Dan adakah spesifikasi produk yang menjadi sumber utama penghasilan?
Jika iya, maka saatnya anda konsisten menjalankannya. Sebaliknya jika tidak, jual saja situs anda !
Oh ya, investasi itu bukan cuma dalam bentuk produk atau relasi online. Waktu yang anda gunakan untuk berpikir, menyusun strategi dan perencanaan itu juga bentuk investasi. Karenanya lakukan dengan serius. Itu yang akan menjadi awal apakah situs web anda bisa menjadi sumber uang. So, luangkan waktu anda untuk mencari ide-ide baru untuk pengembangan situs Anda. Ide bisa didapat dari baca buku, ngobrol dengan teman, atau mungkin pas jalan-jalan. Prinsipnya, setiap saat jangan biarkan otak anda mogok berpikir…
Saya punya bocoran lagi agar anda bisa terus kreatif.
  • Buatlah prinsip-prinsip itu relevan. Lakukan introspeksi dan refleksikan pada kebiasaan anda. Sesuaikan prinsip itu menurut selera anda. Ini cara yang paling baik agar anda mudah menyerap dan mengerti informasi ini.
  • Praktikkan prinsip-prinsip tersebut. Pilih satu prinsip yang bisa segera diterapkan pada situs anda. Dan, terapkan juga pada kehidupan pribadi anda. Segeralah beraksi setelah anda selesai membaca artikel itu. Bertindak segera itu penting agar informasi yang berguna tadi tidak hanya menjadi sampah di otak anda.
Cara-cara di atas bisa menyegarkan pikiran anda. . Saya terus punya ide-ide baru.
Okay, selamat mencoba! Dan, pasti anda bisa jadi lebih baik dari sebelumnya.
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda
Terimakasih.

Membongkar 5 Mitos Kesuksesan


Membongkar 5 Mitos Kesuksesan

mitos kesuksesanApa anda percaya mitos?
Maksud saya bukan mitos-mitos aneh di sekitar lingkungan anda tinggal, tapi mitos-mitos seputar kesuksesan.
Banyak yang bilang untuk menjadi sukses itu tidak mudah. Saya jadi ingat apa kata tetangga saya, “kalau orangtuanya kaya, anaknya pasti nggak akan miskin.”
Nah, kalau orangtuanya miskin, apa anaknya tidak bisa kaya?
Wah, repot kalau begitu…
Dari beberapa buku bisnis yang saya baca, memang kadang beberapa disebutkan soal mitos-mitos kesuksesan. Tapi, menurut saya untuk pebisnis internet, tidak semua mitos itu boleh kita percaya. Saya coba memahami mitos-mitos itu dan menyesuaikannya dengan bisnis internet.
Mitos 1: Anda harus punya karisma
Anda sudah merasa punya karisma? Hehe…berarti anda memang calon orang sukses. Benarkah?
Apabila anda perlu berhubungan langsung dengan mitra dan klien, karisma memang membantu. Maksudnya, karisma anda bisa meluaskan jaringan bisnis. Sikap rendah hati dan empati merupakan salah satu jurus ampuh dalam membangun relasi.
Tapi, untuk hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan brand atau pelayanan website, karisma tidak lagi penting. Sebenarnya, yang lebih tepat punya karisma itu orang-orang pemasaran.
Mitos 2: Anda harus mampu melihat masa depan
Eit..eit…ini maksudnya bukan jadi peramal.
Mitos ini mungkin ingin menjelaskan kalau seorang pebisnis itu harus mampu memprediksi situasi pasar ke depan. Tapi, saya pikir kemampuan memprediksi ini tidak bisa benar-benar menghasilkan uang.
Anda tidak selamanya perlu menciptakan peluang. Mulai saja bisnis anda dan bentuk peluang itu. Lalu ciptakan produk yang bagus dan sedang dibutuhkan. Produk anda pasti akan terkenal dengan sendirinya. Daripada memikirkan cara menciptakan hal besar, lebih baik kuasai hal-hal kecil yang bisa dilakukan sekarang juga.
Anda setuju dengan saya?
Mitos 3: Berani sakit hati
Katanya, apapun kritikan yang disampaikan pelanggan harus anda terima. Memang ada benarnya sih… Bagi pebisnis internet, kritikan pedas sekalipun harus didengarkan baik-baik.
Meskipun kritikan itu untuk hal-hal sepele, kalau anda tidak tanggapi serius bisa mempengaruhi penghasilan situs anda. Jadi, jangan cuekin kritik dan saran dari pengunjung ya…
Mitos 4: Anda harus berani ambil resiko besar
Jangan berbisnis di bidang yang tidak anda kuasai sama sekali. Ya, saya setuju. Paling tidak ini mengurangi resiko kegagalan.
Karena, usaha dengan resiko besar itu ada syaratnya. Setidaknya anda punya modal yang cukup. Minat dan kemampuan di bidang usaha itu juga wajib anda miliki. Jadi anda bisa mengatasi pesaing sekaligus menjawab tantangan pasar.
Mitos 5: Anda harus punya semangat yang membara
Anda harus punya semangat luar biasa untuk jadi orang kaya. Menurut saya, yang satu ini memang penting untuk motivasi. Anda perlu tanamkan dua hal dalam pikiran anda: kekuasaan dan kemakmuran.
Yakinlah bahwa situs dan blog bisa jadi ladang uang. Asal anda tetap punya hasrat untuk jadi orang kaya. Anda pasti bisa menggenggam Kemakmuran dan Kekuasaan.
Tapi, anda kadang juga perlu mengikuti kata hati anda. Karena bisnis itu tidak melulu tentang uang. Jika terus berlari mengejar kesuksesan, bisa gawat! Anda bisa cepat lelah. Ada saatnya kita perlu istirahat sejenak. Tak perlu terlalu ngoyo…
Ternyata, tidak semua mitos itu bisa kita telan mentah-mentah ya? Dan, apa yang anda peroleh setelah membaca artikel ini? Bertambah semangat untuk jadi orang kaya? Mari kita kaya bersama-sama….
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda
Terimakasih.

Cara Berpikir Pebisnis Internet Sukses


Cara Berpikir Pebisnis Internet Sukses

pola pikir bisnisApa yang anda pikirkan saat mulai bisnis internet? Ingin kaya mendadak? Atau punya milyaran rupiah di rekening?
Hmmm… sebelum semua itu tercapai, saya ingin tanya dulu. Apa anda sudah mengubah pola pikir (mindset) anda? Maksud saya, apa anda sudah benar-benar memandang diri anda sebagai pebisnis?
Masih bingung?
Sederhananya begini. Setahu saya, seorang pebisnis (apapun) memiliki ciri tertentu. Pertama, dia akan merinci setiap detil yang dia lakukan demi mendapat untung. Kedua, selalu berupaya mengubah konsep dan ide-ide menjadi pundi-pundi uang. Dan ketiga, selalu haus akan kesuksesan dan berjiwa inovatif.
Pebisnis internet juga demikian. Kita harus terus belajar dari bisnis internet yang sudah ada. Sambil terus bertanya kenapa suatu situs web bisa terus bertahan dan kenapa yang lain bisa gagal?
Ingat!
Keberhasilan blog atau situs web tidak hanya terletak pada bagus isi dan tulisan saja. Karenanya, anda perlu terus belajar bagaimana situs-situs web laris bisa berkembang.
Bagi pebisnis internet, situs orang lain adalah gudang ilmu sekaligus sumber penghasilan. Jadi, saat jalan-jalan mengunjungi sebuah situs web, mula-mula posisikan diri anda sebagai pengunjung. Setelah itu berpikirlah ala pengusaha. Langkah ini penting untuk memberi anda banyak inspirasi.
Tapi…bagaimana caranya berpikir ala pengusaha?
Ini tidak sulit, saya biasa melakukan hal-hal di bawah ini:
  • Memanen ide dari ladang-ladang yang berbeda. Saat mengunjungi satu situs web, anda boleh mengambil ide atau konsep dari situs web itu. Ini bukan plagiat, melainkan anda belajar dari situs web orang lain. Lihat apa saja yang membuat situs web itu berbeda. Lalu, anda terapkan pada situs web anda sendiri. Cara ini manjur untuk membuat situs web anda lebih atraktif.
  • Pelajari desain situs web lain. Situs web lain juga bisa jadi bahan referensi desain. So, anda tahu bagaimana mereka merancang presell pages untuk penjualan dan signups. Jangan curi desainnya, tapi serap prinsip-prinsip pembuatannya. Selanjutnya, silakan mendesain situs anda sendiri.
  • Cari model bisnisnya. “Apa situs web ini menghasilkan?” itu yang biasa saya tanya saat mengunjungi sebuah situs web. Anda bisa mendapat jawaban pertanyaan ini dengan mencari tahu sumber-sumber pendapatan dari situs web tersebut. Anda bisa mengira apa saja yang membuat situs web itu bertahan dan menguntungkan. Nah, setelah anda tahu jawabannya, terapkan pada situs anda.
  • Apa sumber popularitasnya? Jika website yang anda baca itu terkenal, pahami apa yang membuatnya terkenal? Temukan sumber-sumber traffic-nya. Cari tahu apa yang banyak disukai pengunjung dari situs itu. Apa sih rahasianya kok banyak yang suka? Selanjutnya, anda bisa terapkan untuk memajukan situs anda.
  • Coba bekerja sama. Setiap mengunjungi satu situs web, fokuskan perhatian anda pada dua hal. Pertama, cari kemungkinan melakukan hal yang sama-sama menguntungkan. Misal, buat strategi melakukan proyek kerjasama. Kedua, tanyakan pada diri anda, “manfaat apa yang bisa saya ambil dari sini?” Dan jangan lupa temukan kekurangan situs tersebut lalu camkan baik-baik jangan sampai kekurangan itu juga terjadi di situs anda.
  • Tempat iklan. Setiap situs web yang anda kunjungi bisa jadi lahan beriklan. Tulis detil-detil iklan di situs tersebut. Siapa tahu anda bisa pasang iklan di sana. Atau, siapa tahu mereka yang justru pasang iklan di situs web anda.
Nah tunggu apa lagi. Praktikkan sekarang dan anda akan segera menikmati hasilnya.
Selamat mencoba!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda
Terimakasih.

6 Cara Menjaring Ide Bisnis Menarik di Lautan Internet



6 Cara Menjaring Ide Bisnis Menarik di Lautan Internet

ide bisnisTidak ada yang susah dalam bisnis internet. Anda hanya wajib memiliki dua syarat. Pertama, minat. Kedua, kreatif.
Simpel kan?
Minat adalah pintu gerbang yang harus anda lewati sebelum melirik bidang bisnis ini. Masih ingat pepatah, ”dimana ada kemauan disitu ada jalan?”
Jelas dong… kalau tidak punya minat, tidak akan ada jalan. Kalau tidak ingin kaya ya… memang tidak bisa jadi orang kaya.
Lalu, kreativitas. Anda wajib menggali ide-ide anda. Jangan puas dengan yang ada sekarang. Jadilah orang kreatif yang bisa meramu konsep-konsep situs web dan model bisnis internet yang sudah ada. Ciptakan suatu produk yang menjawab kebutuhan pasar!
Boleh saja anda niru situs web lain, tapi anda harus memunculkan sesuatu yang unik dalam situs web anda. Perlu anda tahu, tidak ada hal yang benar-benar baru di internet.
Lalu bagaimana cara agar terus kreatif? Itu mudah! Anda tidak boleh malas. Cari pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang situs web. Rajin-rajinlah browsing situs web. Belajar dari model-model situs web yang anda jumpai. Proses ini penting anda lakukan untuk mencari inspirasi.

Nah, agar anda tidak mumet dan bingung cari sumber inspirasi, silakan ikuti trik-trik saya. Saya menyebutnya riset model bisnis. Cara-cara dibawah ini efektif untuk mencari situs-situs web yang ciamik!
  • Gunakan daftar ranking. Anda bisa mulai riset dengan mencari daftar ranking (ranking list). Misalnya anda menjumpai Alexa’s Top 500 atau Technocrati’s Top 100. Nah, dalam ranking list itu bisa anda dapat nama-nama situs web (display website) yang bisa anda kunjungi. Pelajari situs web itu. Anda cukup mengunjunginya sekali. Karena bisa dipastikan situs web itu tidak akan banyak berubah dalam waktu dekat.
  • Coba iseng-iseng klik link situs web. Kadang, kita tidak menyangka saat berada di sebuah situs web, linknya tak kalah menarik. Karena itu sesekali isenglah mengklik link situs. Lumayan sekali browsing, dua situs web terlampaui…
  • Kunjungi situs komunitas sosial. Anda tahu situs web yang biasa memuat informasi sosial? Misal, Digg atau Reddit. Situs web semacam ini berisi informasi baru yang menarik. Anda bisa belajar banyak dari sana. Coba cari jawaban kenapa banyak orang tertarik dengan situs itu.
  • Gunakan forum webmaster. Forum webmaster itu berisi para pengelola situs web yang juga bertujuan mencari pendapatan. Dengan bergabung bersama forum tersebut anda bisa menemukan situs-situs menarik. Cukup kunjungi forum ini seminggu sekali saja. Karena situs-situs di forum ini memiliki model bisnis yang sama. Juga layak anda kunjungi situs web jual-beli (site sales section) dan situs web pemasaran (site point’s marketplace). Situs web macam ini bisa memberi masukan bagaimana cara menjual produk dan menghasilkan uang.
  • Baca informasi pengumpulan (news aggregator). Anda dapat mengakses informasi dengan topic spesifik dengan menggunakan info pengumpul (news aggregator). Di sini anda tidak hanya bisa menemukan situs web yang anda inginkan. Tapi, mereka juga memberikan link untuk menghubungkan anda dengan situs web lain yang berhubungan.
  • Lakukan survey. Saran-saran dari pengunjung sangat berguna bagi kemajuan situs anda. Karena, saran itu sering kali ditujukan pada hal-hal yang spesifik. Buat daftar pertanyaan terstruktur pada pengunjung. Setidaknya, anda jadi tahu bagaimana respon mereka terhadap keberadaan situs anda. Selanjutnya tinggal kembangkan situs web anda.
Eh iya… hampir lupa. Ada satu lagi! Anda harus terus melakukan riset ini agar situs web anda terus berkembang dan menguntungkan. Buat jadwal khusus riset, beberapa jam dalam seminggu saja sudah cukup.
Selanjutnya…selamat bertarung di industri virtual! Dan… silakan bertanya, “jenis situs web apa yang menguntungkan? Dan model bisnis seperti apa yang cocok bagi situs web anda?”
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda
Terimakasih.

Affiliate Program: Kunci Sukses Bisnis Internet



Affiliate Program: Kunci Sukses Bisnis Internet

Affiliate Program Kunci Sukses Bisnis Internet
Beberapa hari ini saya banyak menulis mengenai dasar-dasar dan sikap yang diperlukan dalam berbisnis internet. Dasar-dasar itu diperlukan agar mental kita siap sebelum berbisnis internet.
Saya sangat bersemangat menuliskan itu semua. Itulah yang saya pelajari dan praktikkan selama ini. Semua itu saya ingin bagi dengan anda. Mengapa?
Karena saya ingin anda juga sukses.
Dan kali ini pelan-pelan kita akan masuki hal yang lebih teknis…
Anda tahu affiliate program?
Ya benar… affiliate program adalah marketing yang mengandalkan penggalangan komunitas untuk memasarkan produk. Penjelasan gampangnya, orang-orang yang berhasil memasarkan produk kita, akan diberikan komisi.  saya menyediakan komisi 50% bagi yang berhasil memasarkan.
Sebelum lebih jauh kita berbicara tentang affiliate program, saya ingin sampaikan satu hal yang perlu anda ketahui.
Saya temukan fakta begini. Berdasar penelitian, dari sekian banyak pebisnis internet di dunia hanya 45-47% pebisnis yang mendapat penghasilan cukup. Mereka ini tidak terbilang sukses karena hanya bisa jadi survivor, hanya mampu bertahan. Sedang 25% pebisnis lainnya mengalami kegagalan. Dan, 25% sisanya adalah mereka yang sukses besar. Kenapa bisa sukses? Jawabannya karena mereka menjalankan Affiliate Program.
Hmm… anda mau termasuk yang mana? Survival, gagal, atau sukses?
Saya yakin anda pun ingin sukses.
Mengenai Affiliate Program meski ada yang bilang ini bukan hal sulit, saya malah cenderung menyetujuinya. Karena saya percaya mudah tidaknya suatu pekerjaan tergantung pola pikir (mindset) kita. Begitu kita berpikir Affiliate Program itu mudah, kita akan lebih mudah melakoninya.
Tapi sebentar, kemudahan itu tetap ada syaratnya. Kerja keras dan keseriusan menjalaninya. Karena kesuksesan tidak akan pernah datang tanpa keseriusan!
Dulu saya memulai bisnis internet dari nol. Jangankan mengenal Affiliate Program, meng-email saja saya belum bisa. Tapi saya tidak patah semangat. Saya justru makin semangat belajar. Meski kadang terjebak dalam kebingungan, saya tidak pernah berhenti. Saya terus belajar sampai saya bisa. Internet menjadi tempat saya menemukan jawaban-jawaban.
Tapi, ternyata tidak semua jawaban yang diberikan internet memuaskan. Kadang malah ada yang membuat saya bingung. Sekali lagi itu tidak membuat saya berhenti mencari. Saya tidak akan pernah menjadi “apa-apa” jika hanya dikalahkan oleh kebingungan saya sendiri.
Bagi saya, kebingungan justru adalah awal menuju kejelasan. Asal kita tidak menyerah mencari jawabannya tentu.
Maka bersyukurlah anda yang sering bingung! :-)
Kini hasil perlawanan terhadap “kebingungan” itu sudah saya rasakan.
Anda pun bisa melakukannya!
Mendatang saya akan buka rahasianya satu-satu bagaimana membuat Affiliate program yang ampuh. Tunggu artikel saya berikutnya! Saya tunggu juga komentar anda…
Salam sukses!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Terimakasih.

Mengenal Affiliate Program



Mengenal Affiliate Program

mengenal affiliate programKali ini saya puaskan rasa penasaran anda mengenai Affiliate Program. Namun saya tulis secara bertahap supaya lebih mudah memahaminya.
Yuk kita mulai!
Seperti saya tulis sebelumnya, Affiliate Program adalah marketing yang mengandalkan penggalangan komunitas untuk memasarkan produk. Sampai sekarang Affiliate Program termasuk salah satu cara terpopuler yang banyak dilakukan pebisnis online. Karena bisa memperluas jaringan pemasaran secara efektif dan efisien.
Bagaimana mekanisme kerjanya?
Misal, ada seorang pemilik situs web yang ingin menjual produk-produknya. Produk ini bisa berupa ebook, software, dll. Nah, pemilik situs ini memiliki jaringan pemasar  yang menjualkan produk-produk ini pada para calon pembeli.
Jika para pemasar ini berhasil mendapat pembeli, atau berhasil menjualkan produk-produk tadi, maka ia mendapat komisi. Pemilik produk yang menentukan besarnya komisi tersebut. Ada yang 25%, ada pula yang memberi 50% dari harga jual produk.
Para pemilik situs web ini biasa disebut affiliate merchant. Sedang para calon pembeli produk disebut leads atau prospects.
Agar lebih jelas, mari saya beri contoh konkret.
Saya punya situs dan saya menawarkan affiliate program. Katakanlah anda tertarik, lalu mendaftar di situs web tersebut dengan username “blogjk”. Pada saat mendaftar, anda harus mengisi form yang berisi nama, alamat, no telepon, no rekening, dll.
Kemudian saya menyodorkan affiliate agreement yang berisi kesepakatan tentang syarat dan ketentuan untuk menjadi affiliate marketer di situs saya. Jika anda sudah setuju dengan affiliate agreement yang saya ajukan, anda akan mendapat affiliate link  Alamat inilah yang harus anda promosikan.
Nah, jika suatu saat ada pengunjung yang membeli produk saya melalui link ini, anda akan mendapat komisi. Besarnya komisi yang saya berikan biasanya 50% dari harga jual produk. So, misal, si pembeli membeli produk ebook saya yang berjudul Sistem Mesin Uang Otomatis (SMUO) seharga Rp 100.000, maka anda mendapat komisi Rp 50.000.
Dengan mengikuti affiliate program, anda tidak perlu memiliki situs web sendiri. Untuk menghasilkan uang, cukup bergabung dengan situs-situs web yang menawarkan program seperti ini.
Oya… ada banyak keuntungan lain yang bisa anda dapat dari model bisnis ini.
  • Anda tidak perlu repot membuat produk. Tugas anda hanya mengantarkan pembeli pada penjual.
  • Anda bisa memilih berbagai affiliate program yang anda inginkan. Coba kunjungi Clickbank.com. Di sana anda bisa menemukan ribuan situs-situs yang memberi affiliate program. Jadi, anda bisa punya banyak sumber penghasilan.
  • Komisi yang ditawarkan program ini biasanya relatif tinggi. Antara 10%-95%.
  • Anda bisa jadikan affiliate program sebagai sumber pendapatan pasif. Kok bisa? Ya, karena anda hanya perlu tinggal di rumah, tidak perlu kemana-mana. Dan, uang akan datang sendiri. Yang penting anda tetap berpromosi. Atau bahkan, anda masih bisa mengerjakan usaha offline anda.
Saya harap anda sudah tidak bingung lagi… kalau masih bingung juga, mari coba bergabung dengan salah satu affiliate program. Kebingungan anda pasti akan berkurang.
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda
Terimakasih.

Bagaimana Memilih Affiliate Program yang Menguntungkan?

Kemarin teman saya bilang, ”saya tertarik jadi affiliate marketer tapi bingung harus mulai dari mana? Dan, bagaimana memilih affiliate program yang menguntungkan bagi saya?”
Apa anda memiliki masalah yang sama?
Ok! Saya coba bantu anda.
Jika anda kesulitan menemukan situs-situs web yang menawarkan affiliate program, anda bisa melakukan cara ini:
  • Gunakan search engine (mesin pencari). Anda bisa menggunakan google, yahoo, atau mesin pencari lainnya. Lalu, misal anda ingin jadi marketer e-book, cari saja dengan mengetik “ebook+ affiliate program”.
  • Coba kunjungi situs-situs web yang menjadi affiliate provider. Seperti Clickbank.com, Amazon.com, CommisionJunction.com, Linkshare.com, Shareasale.com, DarkBlue.com, dll.
Selanjutnya, anda tinggal pilih affiliate program yang anda minati. Mudah kan?
Namun yang perlu anda perhatikan, produk-produknya bisa jadi bermacam-macam. Anda mungkin bingung mau pilih yang mana.
Begini saya beri bocoran. Prinsipnya, dalam memilih affiliate program, anda harus waspada. Jangan hanya tertarik dengan produk yang dimiliki, tapi sebaiknya selidiki dulu situs web tersebut. Dari sekian banyak pemilik situs web yang menawarkan affiliate program, anda sebaiknya hanya memilih yang benar-benar berkualitas.
Bagaimana cara kita tahu bahwa program tersebut berkualitas? Silakan cek apakah situs web tersebut memiliki poin-poin di bawah ini?
  • Memiliki produk yang berkualitas. Kualitas produk salah satunya bisa dilihat dari banyaknya permintaan dan pengakuan terhadap produk tersebut.
  • Memiliki layanan memuaskan. Tidak hanya menjual produk saja, tapi juga dilengkapi dengan pelayanan yang memuaskan. Termasuk adanya garansi atas produk.
  • Menjual produk-produknya secara efektif. Angka penjualan produk-produknya relatif tinggi atau laris.
  • Memiliki model pembayaran. Dalam affiliate program ada beberapa jenis pembayaran komisi dari pemilik produk pada affiliate marketer. Di antaranya;
  1. Pay Per Sale. Marketer mendapat komisi sesuai jumlah produk atau layanan yang telah berhasil dijual melalui link yang dimiliki.
  2. Pay Per Lead. Marketer mendapat komisi sesuai jumlah orang yang mengisi form, survey, atau sign up di layanan situs pemilik affiliate program.
  3. Pay Per Click. Marketer mendapat komisi sesuai jumlah klik terhadap link.
  • Memiliki program dukungan Affiliate. Program dukungan affiliate, diantaranya;
  1. pemberitahuan lewat email jika ada transaksi penjualan.
  2. pemberian bantuan pemasaran yang bermanfaat bagi marketer.
  3. newsletter berkualitas tinggi.
  4. pemberian materi pemasaran professional.
  • Memberi komisi seumur hidup. Pemilik program memberi komisi pada semua penjualan di masa mendatang.
  • Memberi bonus. Sekedar contoh, di formulabisnis.com misalnya anda akan mendapatkan 13 bonus tambahan untuk pemesanan Sistem Mesin Uang Otomatis (SMUO).
Sekarang tidak bingung lagi kan? Jadi… tunggu apa lagi? Ayo cari affiliate program yang menguntungkan!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda.
Terimakasih.

Pasarkan Produk yang anda Suka!

Pasarkan produk yang anda suka!”Mudah tidaknya menjadi affiliate marketer itu tergantung mindset anda!” anda masih ingat ucapan di atas?
Ya, memang banyak yang mengatakan, ”menjadi affiliate marketer itu tidak gampang.” (terkesan menakut-nakuti ya? :-) ) Apalagi bagi para pemula yang buta bisnis internet.
Tapi apapun pada dasarnya, ketika kita akan memulainya, memang terlihat sulit pada awalnya. Tapi perlahan itu akan terpecahkan dan menemui jalan keluarnya. Dan selalu saya katakan, semuanya bergantung keseriusan kita!
Ketika berniat memulai bisnis internet, pertama anda perlu membuka pintu ilmu bisnis internet. Dan, anda yang harus mengetuk pintu itu! Ya karena ilmu itu tidak akan mendatangi anda kalau anda tidak mencarinya. :-)
Setelah dipelajari, praktekkan. Dan mungkin anda akan melewati tahap trial and error. Tapi terus maju. Jangan menyerah. Karena disitulah penentu sukses tidaknya bisnis anda. Saat proses itulah anda sebetulnya tengah diuji seberapa sungguh-sungguh berusaha mencapai sukses. Kalau anda terus konsisten melakukannya, saya percaya tak lama lagi kesuksesan akan menjadi milik anda.
Sukses itu tidak pernah datang secara instan. Butuh sedikit pengorbanan untuk mencapainya. Sekali lagi, terus belajar dan praktekkan!
Ok! Saya bukan bermaksud memberi ceramah anda. Saya hanya mencoba menggelitik semangat anda. Saya harap anda tidak pernah kehabisan semangat!
Baiklah kita lanjutkan pembahasan kemarin. Kemarin saya menulis hal-hal yang perlu anda ketahui saat memilih affiliate program. Sebenarnya, secara teori banyak sekali hal yang perlu anda perhatikan saat memilih affiliate program.
Tapi, kita bahas secara bertahap saja. Supaya lebih mudah mempelajarinya. Dan yang penting, setelah anda tahu sedikit teorinya, segera praktekkan. Segera daftar menjadi affiliate marketer!
Kalau sekarang anda masih bingung untuk menawarkan produk apa, saya beri saran. Bagi pemula, sebaiknya langkah paling tepat untuk memulainya adalah dengan memasarkan produk yang menarik minat anda.
Memasarkan produk yang anda sukai itu mudah. Mengapa? Karena setidaknya anda sudah mengenal produk tersebut.
Anda tidak usah berpikir, ”kira-kira pangsa pasarnya siapa?” Jawabannya pasti ya orang-orang seperti anda ini. Dan orang-orang seperti anda tentu tidak hanya ada satu di dunia. Misal, anda seorang yang hobi mancing, tentu banyak orang lain yang memiliki minat serupa dengan anda bukan?
Kalau anda suka pada banyak hal, mungkin Anda juga jadi kesulitan menentukan produk apa yang akan pasarkan? Ini mungkin saja terjadi. Namun apapun yang anda pasarkan, yang jelas anda harus mengenal produk yang anda pasarkan dengan baik. Misalnya seperti apa nama produk? Manfaatnya apa saja? Harga produknya berapa? dll.
Kalau anda masih bingung mau memasarkan apa, silahkan tanyakan hal di bawah ini pada diri anda:
  1. Produk apa yang berkaitan dengan hobi anda? Jika anda sangat hobi berolahraga, mungkin anda bisa memasarkan alat-alat olahraga. Atau menjual merchandise-merchandise cabang olahraga tertentu. Atau bahkan e-book untuk meningkatkan kesehatan juga banyak tersedia di internet.
  2. Produk apa yang paling anda idam-idamkan? Pikirkan baik-baik. Sekarang ini kira-kira anda sedang terobsesi, ingin memiliki produk apa? Lalu, pikirkan alasannya, ”kenapa saya sangat ingin memiliki produk ini?” Ini sangat penting untuk membidik calon pembeli.
  3. Produk apa yang anda suka dan sering anda promosikan pada keluarga dan teman-teman anda? Misalnya begini, saya mempunyai hand phone bermerk A. Dan saya sudah jatuh cinta dengan hp merek itu. Bisa karena fitur-fiturnya lengkap, mudah dioperasikan, tahan banting, dll. Maka saya akan mempromosikan HP merek A pada siapapun yang sedang ingin membeli hp baru. ”Kamu bisa beli merk A. Soalnya sudah saya buktikan, kualitasnya bagus!”
  4. Anda tertarik kursus atau training? Dalam bisnis internet, yang bisa dijual bukan cuma produk, tapi juga ada pelatihan atau semacam e-course. Misal, anda pernah mengikuti kursus A dan kebetulan ada affiliate program yang berkaitan dengan keahlian A. Anda bisa mendaftar di sana.
Nah kira-kira… produk apa yang sudah ada dalam pikiran anda sekarang?
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda
Terimakasih.

Teliti sebelum Membeli

teliti sebelum membeliKalau anda memilih menjadi affiliate marketer, tugas anda adalah menjual produk. Semakin banyak produk yang anda jual, anda semakin kaya.
Tapi hati-hati! Jangan mudah terkecoh dengan produk-produk yang banyak ditawarkan di internet. Sebab di dunia internet, tidak hanya ada orang baik. Orang jahat pun juga ada.
Anda bisa saja tertipu tidak mendapat produk yang sudah anda pesan. Atau mungkin produk yang ditawarkan tidak cukup potensial untuk dijual kembali.
Maka, apa yang harus anda lakukan?
Sebagai pembeli, sebelum membeli sebuah produk, pastikan dengan jelas:
  • Apakah produk ini diproduksi oleh orang yang terbukti sukses di bidangnya?
  • Apakah harga produknya sesuai dengan kualitas produk?
  • Apakah produk ini adalah dibutuhkan orang banyak?
  • Apakah produk ini bergaransi?
  • Apakah situs webnya mudah diakses?
  • Apa kelebihan produk ini dibanding produk lain?
Ok… misal semua pertanyaan di atas sudah anda temukan di affiliate program yang anda minati. Anda masih harus melakukan satu langkah lagi.
Coba beli produknya!
Maka sebelum memutuskan bergabung dengan sebuah affiliate program, lebih baik anda beli produknya dulu. Anggap saja ini sebagai alat tes.
Anda bisa coba proses pembelian produk anda tersebut. Amati adakah hal-hal yang menyulitkan pembeli? Apakah syarat-syarat pembeliannya tidak njlimet?
Misal begini…
Satu hari saya sedang kehausan dan ingin beli es krim. Di seberang jalan ada toko es krim yang sepertinya laris. Dalam pikiran saya sudah terbayang kalau es krim itu pasti enak. ”wah, es krim ini pasti produk berkualitas!” kata saya.
Tapi, apa yang terjadi kemudian? Saat saya sudah di depan kasir dan bersiap akan membayar, saya kaget!
Di meja kasir ada tulisan, ”hanya menerima Dollar, tidak menerima Rupiah.”
Kontan saja saya urung membeli es krim. Meskipun di sebelah kios es krim itu ada tempat penukaran uang dan saya sudah sangat kehausan, saya tidak akan membeli es krim di sana. Mood saya sudah kadung hilang.
Gambaran konkretnya adalah pengalaman saya saat mencoba jadi affiliate marketer satu situs web. Pada saat saya mencoba membeli produk mereka, saya heran. Karena, mereka tidak menerima visa credit card untuk pembayaran.
Kasusnya sama seperti penjual es krim di atas. Menolak visa sama saja menolak pembeli. Akhirnya dapat dipastikan angka penjualan produk itu tidak akan bagus.
Saran saya, hindari membeli produk yang persyaratannya rumit. Karena akan membuang waktu dan uang anda. Dan yang jelas itu menentukan prospek penjualan produk yang akan anda jual lagi nanti.
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda.
Terimakasih.

Bagaimana Menarik Pengunjung?

Bagaimana Menarik Pengunjung?Ketika pengguna internet di Indonesia terus meningkat, sudah pasti bisnis online akan semakin dilirik. Pebisnis offline tentu juga tidak akan ketinggalan memanfaatkan internet sebagai cara menghasilkan uang. Saat itulah orang-orang berbondong-bondong melirik Affiliate Program.
Nah, bagi anda yang berminat membuat affiliate program, mungkin anda bingung bagaimana memasarkan situs web anda. Supaya banyak orang tertarik untuk bergabung dengan affiliate program anda, tentunya materi marketing yang diberikan juga harus baik.
Kalau selama ini biasanya merchant akan memberi banner atau text links standar. Tetapi banner dan text links cenderung kurang efektif menarik minat pengunjung untuk bergabung. Bagi pengunjung yang terutama mereka cari adalah materi marketing yang bagus.
So, materi dan kiat seperti apa yang bisa menggiring banyak pengunjung?
Biasanya sih berbentuk seperti ini…
  • Sediakan katalog elektronik (datafeed). Dengan katalog elektronik, marketer bisa menjualkan produk-produk merchant secara lebih spesifik. Akan sangat baik, jika dalam katalog tersebut dilengkapi gambar, uraian produk secara mendetil, dan alamat URL yang langsung mengantarkan pengunjung pada situs web milik merchant.
  • Link affiliate dengan halaman yang dituju. Home page merchant itu tempat yang harus anda hindari. Karena halaman ini biasanya kurang menarik bagi pengunjung. Merchant yang bagus biasanya akan menyediakan deep links yang langsung mengantarkan pengunjung ke halaman yang berisi produk yang mereka minati. Intinya, antarkan pengunjung anda untuk sampai ke halaman yang mereka inginkan secepat dan semudah mungkin.
  • Links isi (content links) atau halaman web (web pages). Banyak merchant yang menyediakan halaman situs web mereka pada para affiliate marketer. Ini cara efektif dan paling mudah untuk mempromosikan situs web merchant. Singkatnya, tebarkan jaring promosi seluas-luasnya.
  • Daftar kata kunci (keyword). Beberapa merchant biasanya juga merekomendasikan daftar keyword untuk para marketer. Daftar keyword ini penting untuk memudahkan pengunjung menemukan apa yang mereka cari.
Memang banyak sekali hal yang perlu anda pelajari dalam affiliate program. Tapi, saya tekankan sekali lagi. Ini tidak berarti affiliate program itu sulit. Tetap tanamkan pada diri anda ”affiliate program itu mudah!”
Buktinya banyak yang berhasil di bisnis ini. Mungkin anda yang akan menyusul berikutnya?
Oya, sejauh ini apa anda sudah coba berburu merchant untuk affiliate program anda? Jika belum, segera cari! Agar anda lebih mudah mencoba apa yang sudah anda baca. Jangan buang waktu!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda
Terimakasih.

3 Langkah Taktis Lakukan Riset Pasar

3 langkah taktis riset pasarSetelah berniat menjadi affiliate marketer untuk kategori produk tertentu, anda perlu melakukan riset pasar.
Mengapa? Apa ini penting? Tidakkah ini merepotkan?
Anda boleh bertanya demikian dan berpikir bahwa menjadi affiliate marketer tidak perlu lakukan apa-apa lagi. Pendapat ini salah. Ibarat orang memancing, affiliate marketer itu perlu umpan.
Jika memancing tanpa umpan, jangan harap akan dapat ikan banyak. Seekor ikan pun tidak akan kita dapat. Lalu, bagaimana seharusnya? Bagaimana kita bisa memberi umpan?
Sabar dulu… memberi umpan itu berpromosi. Nah, sebelum melakukan promosi, anda perlu melakukan riset pasar. Riset pasar bisa membantu anda mengetahui seberapa besar tingkat permintaan pengunjung terhadap produk yang akan anda pasarkan. Dan, seberapa ketat persaingan yang mungkin anda hadapi.
So, bagaimana caranya meriset pasar?
  1. Amati situasi pasar. Ikuti informasi-informasi terbaru tentang situasi pasar berkaitan dengan produk yang anda promosikan. Pelajari merchant-merchant yang memiliki angka penjualan terbaik. Pelajari juga komentar para ahli tentang produk-produk unggulan itu. Untuk mencari tahu informasi ini anda bisa manfaatkan mesin pencari (search engine).
  2. Ukur permintaan terhadap produk. Dalam mengukur permintaan produk, silakan anda buat daftar kata kunci (keyword) yang berkaitan dengan produk anda. Misal anda menjadi affiliate produk sepatu. Carilah brand-brand sepatu yang terkenal. Tuliskan beberapa brand saja. Gunakan mesin pencari dan masukkan brand-brand tersebut dalam Keyword Selector Tool. Setelah anda menekan enter, anda bisa melihat urutan brand dari yang paling banyak di cari sampai yang paling sedikit. Jadi, pada tahap ini anda bisa tahu seberapa besar tingkat permintaan pengunjung terhadap produk anda. Jika dalam satu bulan ada 100 pengunjung mencari produk anda, bisa dikatakan produk anda salah satu yang laris.
  3. Cek persaingan antar penjual. Setelah anda tahu produk anda cukup diminati, lanjutkan riset anda dengan melihat persaingan antar penjual. Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui tingkat persaingan ini.
  • Gunakan Paid Search Listings.
Paid search Listing kita gunakan untuk mencari daftar affiliate pesaing anda. Anda bisa gunakan search engine terpopuler seperti google, yahoo, atau MSN untuk Paid Search Listing. Biasanya menu ini terletak di pojok kanan atas dan bertanda ”Sponsored Results”. Selanjutnya, anda bisa memasukkan keyword yang sudah anda buat.
Jika menggunakan yahoo, anda bisa mengklik View Bids Tool (http://uv.overture.com/d/search/tools/bidtool/). Di sana anda bisa lihat berapa pesaing anda yang sudah beriklan dan melakukan penawaran. Akan lebih baik lagi jika anda memasukkan keyword yang spesifik. jadi anda bisa tahu persis berapa jumlah pesaing anda.
  • Gunakan Search Listings Biasa.
Cara ini sama seperti saat anda menggunakan mesin pencari. Misal anda menggunakan google, masukkan saja keyword anda dan tekan enter. Jika keyword anda terdiri lebih dari satu kata, tambahkan tanda petik (””).
Lakukan semua langkah-langkah di atas. Sebab semuanya saling terkait. Jika anda tidak melakukan tahap-tahap di atas, ada kerugian yang akan anda tanggung. Apa itu?
  • Jika tidak melihat situasi pasar.Tanpa melihat situasi pasar, anda tidak akan tahu kalau produk anda ternyata sudah kuno. Trend dan model selalu berganti. orang biasanya lebih suka produk-produk baru. Maka anda perlu anda meng-up date informasi tentang produk apa yang paling digemari sekarang.
  • Jika tidak mengukur permintaan produk. Jika tidak melakukan pengukuran terhadap permintaan pasar, anda tidak akan tahu kalau produk anda tidak memiliki peminat.
  • Jika tidak mengecek persaingan. Tanpa mengecek tingkat persaingan, anda tidak akan tahu persaingan yang anda hadapi sangat kompetitif. Dan, mungkin saja harga produk yang anda jual terlalu mahal dibanding produk lain. Dalam situasi seperti ini dapat dipastikan produk anda tidak akan laku.
So?… Lakukan saja langkah-langkah di atas. Semuanya mungkin tampak rumit. Tapi, jika anda melakukannya satu per satu, semua jadi mudah.
Just do it!!!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda.
Terimakasih.

Niche Bisnis di Internet: Inilah 10 Hal yang Seharusnya Anda Tahu



Niche Bisnis di Internet: Inilah 10 Hal yang Seharusnya Anda Tahu

riset nicheSeperti saya kemukakan di posting peluang usaha sebelumnya, saya tengah membedah niche-niche bisnis internet Indonesia yang risetnya mungkin dalam beberapa hari ke depan akan selesai. Sebelum anda nikmati hasilnya, saya ingin bagikan beberapa hal penting seputar niche di bisnis internet. Ini penting, sebab niche atau ceruk pasar merupakan awal kunci dari berhasil tidaknya bisnis internet yang hendak anda jalankan nanti.
Mengenai persoalan niche ini, ada hal-hal penting yang sebaiknya anda ketahui. Apa sajakah itu?
  1. Pebisnis internet yang berhasil menjalankan bisnis internet di niche yang dipilihnya biasanya berhubungan dengan minatnya. Jadi, ketika seseorang memilih bergelut di niche “komputer” misal, karena dia memang memiliki minat atau passion tentang dunia komputer.
  2. Pebisnis internet juga bisa berhasil menjalankan bisnis internetnya di niche yang dia pilih, kalau bisnisnya tersebut berhubungan dengan pekerjaannya. Jadi, misalkan anda seorang arsitek, anda sudah lama berkecimpung di bidang arsitektur. Anda punya peluang jauh lebih besar untuk berhasil di niche tersebut dengan mendayagunakan kekuatan internet.
  3. Pebisnis internet juga bisa berhasil bermain di niche yang sama sekali bukan minatnya dan tidak terkait sama sekali dengan pekerjaannya saat ini, asal mau belajar tentang niche tersebut. Betul… sekalipun anda mungkin tidak punya passion tentang hal tersebut, namun selama anda mau mempelajarinya, anda juga bisa berhasil di bidang yang sebetulnya sama sekali bukan bidang anda itu.
  4. Niche market itu selalu berkembang. Permintaan dan penawarannya bisa selalu naik turun. Namun selalu ada niche market di internet yang stabil dan permintaannya tak pernah berkurang, tapi sebaliknya justru selalu bertambah. Kira-kira perbandingannya di dunia offline seperti niche “sembako” yang selalu anda butuhkan tiap hari. :)
  5. Kebutuhan dan keinginan adalah inti dari sebuah niche. Saat ada orang yang membutuhkan/menginginkan sesuatu, maka niche itu pun tercipta. Mengenai perbedaan antara kebutuhan dan keinginan itu terkadang tipis sekali bedanya. Semakin anda paham mengenai kebutuhan/keinginan dalam suatu niche, anda akan makin jago untuk mengeksplorasi niche tersebut.
  6. Ada banyak sekali niche di internet, namun tak semuanya menghasilkan. Saran saya, fokuslah pada niche yang memang menguntungkan
  7. Niche yang bagus, baru akan terkelola dengan baik ketika anda mampu menyediakan produk/service yang berkualitas, serta dukungan traffik yang memadai
  8. Sebuah niche juga akan bisa dikelola dengan baik saat anda tahu dengan baik siapa konsumen anda, apa yang mereka butuh/inginkan, serta bagaimana cara anda membangun hubungan dengan mereka.
  9. Beda niche bisa beda pendekatan marketing yang semestinya anda lakukan. Bagi anda yang berkecimpung di beberapa niche, anda pasti tahu karakter tiap-tiap niche. Belum lagi kalau target marketnya berbeda, pasti pendekatannya pun jadi beda. Untuk mengetahuinya, tak ada lain caranya kecuali masuk ke dalam niche tersebut.
  10. Ada sangat banyak micro niche yang saya rasa cukup menghasilkan namun masih belum ada yang menggarapnya. Bagi pemula bisnis internet, sangat saya sarankan untuk memulainya di sana. Anda bisa memulai menjadi “ikan besar di kolam yang kecil”.
Inilah beberapa hal penting seputar niche yang seharusnya anda tahu. Sudah lebih mengerti soal niche kan? :)
Pada umumnya, soal riset pasar yang biasa diajarkan di banyak pembelajaran bisnis internet hanya soal membandingkan antara demand dan supply. Tapi yang saya lakukan di sini melampaui hal itu, bukan sebatas melihat antara sisi permintaan pasar dan penawaran pasar di internet. Karena itu, saya sebut metode ini dengan riset pasar 360 derajat.

Salam SMART BRAIN
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda.
Terimakasih.

Baca Artikel Ini Sekarang, atau Anda Tak Akan Pernah Mengubah Hidup Anda Selamanya



Baca Artikel Ini Sekarang, atau Anda Tak Akan Pernah Mengubah Hidup Anda Selamanya

jangan berhenti menyerahMaaf kalau judul posting ini serasa “mengancam” anda. :) Tapi serius ada hal penting yang ingin saya sampaikan pada anda. Ini soal bagaimana mengubah hidup anda menjadi lebih baik, lebih baik dan lebih baik lagi.
Bukan maksud saya untuk mengatur-ngatur hidup anda. Tapi saya yakin pastilah tiap orang selalu ingin mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya. Ingin hidupnya berkecukupan tanpa kurang suatu apapun, ingin apapun bisa cepat terlaksana, ingin hidup lebih terbiasa dan banyak keinginan lainnya.
Namun masalahnya tak semua orang mendapatkan apa yang diinginkannya. Kira-kira dimana penyebabnya?
Alasan yang sering muncul biasanya seperti ini. Saya ingin punya ini, tapi belum ada uang yang cukup. Saya ingin melakukan ini, tapi saya belum bisa itu. Saya mau membuat ini, tapi kemampuan saya tak memadai.
Pernah anda merasakan hal serupa?
Ya saya tahu itu. Semua dari kita punya kelemahan dan keterbatasan, tapi saya juga sangat yakin kalau anda pasti punya kelebihan.
Mungkin saja ada pengalaman pahit yang pernah anda alami. Mungkin ada orang lain yang merendahkan anda, atau mungkin ada yang pernah mengatakan kalau anda tak bisa apa-apa, anda adalah manusia gagal.Kemudian perkataan itu terus mengiang-ngiang dalam telinga anda lalu membuat anda rendah diri. Sejalan dengan kehidupan yang anda alami sampai saat ini, diam-diam anda mulai membenarkannya lalu mengutuk diri atau mungkin pasrah dengan keadaan yang sedang anda alami saat ini.
Saya harap hal itu tidak pernah terjadi pada diri anda.
Saya selalu percaya, setiap orang berhak untuk sukses. Tak peduli dari latar belakang apapun anda, dari mana asal anda, atau apapun kondisi anda saat ini. Yang jelas siapa pun berhak untuk sukses!
Mungkin anda pernah dengar bagaimana kisah Thomas Alva Edison, si jenius penemu bola lampu itu, sempat dicap sebagai anak bodoh di masa kecilnya. Atau Albert Einstein yang juga dianggap kurang pintar waktu kecil. Namun anggapan itu sekarang musnah terbantahkan. Semua tahu mereka adalah orang-orang super jenius yang memberi arti bagi kehidupan orang banyak.
Tak ada yang mustahil kalau kita memang mau mengubah diri kita untuk hidup yang lebih baik.
Dulu saya pun seperti anda. Tak jauh beda. Jangankan pernah membayangkan punya ini-itu, memimpikannya pun tak pernah. Sebagai orang kampung yang lahir di daerah dengan kehidupan yang keras, yang mengajarkan untuk hidup sesuai bagaimana masyarakat di sekitar lingkungan saya hidup, tak ada mimpi besar yang pernah terlintas.
Sampai sejak saya mulai asyik bercengkrama dengan buku-buku motivasi diri, belajar bagaimana orang-orang besar lahir dan berjuang untuk mewujudkan impian-impiannya, perlahan keinginan saya untuk maju tumbuh. Puncaknya, ketika suatu saat saya melihat di internet bagaimana kisah orang-orang biasa di luar negeri sana mampu mengubah hidupnya lewat internet.Itu membakar semangat saya. Pikir saya, kalau mereka yang di luar sana mampu melakukan hal itu, saya pun pasti bisa melakukannya.
Sebelumnya, saya sangat sadar bagaimana keterbatasan melingkupi diri saya. Bagaimana banyak hal yang ingin saya lakukan, namun keterbatasan kondisi menghalangi itu terjadi. Tapi internet telah mengubahnya… 
Yakinlah, apapun keinginan anda saat ini itu sangat mungkin dicapai. Asal anda memang menyiapkan itu untuk menjadi kenyataan.
Kesuksesan tak datang tiba-tiba seperti durian runtuh dari langit. Untuk itu, rencanakan kesuksesan anda. Siapkan hidup anda yang baru dan lebih baik. Ambil inisiatif untuk mencapai kesuksesan anda.
Dalam setiap SMART BRAIN yang anda lakukan, rasakan kalau anda mengalami perubahan yang lebih baik, semakin dekat dengan apa yang anda cita-citakan. Anda menjadi pribadi yang penuh komitmen dan tanggung jawab untuk hidup anda yang lebih baik bersama orang-orang yang anda cintai.
Sejak anda putuskan untuk mencapai hidup anda yang lebih baik, anda adalah pribadi yang berbeda. Anda adalah pribadi yang penuh semangat dan antusias untuk menjemput kesuksesan anda.
Anda tahu apa yang terbaik bagi hidup anda selanjutnya dan itu yang akan anda lakukan mulai saat ini, besok dan seterusnya sampai apa yang anda inginkan tercapai.
Pertama sekali, tentu anda harus mengubah diri anda. Hidup anda tak akan pernah berubah jika anda masih seperti yang kemarin. Suka membuang waktu, kurang fokus, dan tak serius mengerjakan apa yang sudah anda mulai.
Ingat, awal tahun ini anda sudah membuat resolusi. Dan tugas anda sekarang adalah mencapainya.
Apakah resolusi itu anda anggap sekadar mimpi? Tentu tidak, kalau anda mau mewujudkannya dengan SMART BRAIN.


NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Terimakasih.