Daftar Blog Saya

Membius Pengunjung dengan Sales Letter

Membius Pengunjung dengan Sales LetterDalam situs web affiliate anda, apakah pembeli produk anda sudah banyak?
Jika belum, kira-kira apa yang kurang dari situs web anda? Mungkin menurut anda desain situs web sudah bagus. Tidak ada yang berlebihan, loadingnya pun cepat. Nah, kira-kira apa ya yang jadi biang kerok, penghambat penjualan anda?
Untuk mencoba menjawab permasalahan ini, coba anda jawab pertanyaan ini dulu. “apakah sales letter yang anda buat sudah bisa membius pengunjung?”
Ingat ya, sales letter itu juga nyawa situs web ataupun blog affiliate anda. Jika tidak ada pengunjung yang “ngeh” dengan sales letter anda, ya… jangan harap ada pembeli.
Nah, untuk membuat sales letter yang membius… baca dulu yang di bawah ini…
  1. Pikirkan pengunjung. Ya, kita jangan memikirkan diri sendiri saat membuat sales letter. Tapi, pikirkan bagaimana perasaan pengunjung saat membaca sales letter kita. So, jangan buat sales letter yang terlalu “narsis”. Sebaiknya kita jangan melulu ngomong tentang diri kita sendiri. Karena pengunjung bosan dengan ulasan yang berlebihan. Ya… kecuali kalau kita sudah cukup dikenal oleh pembaca. Justru ke”narsis”an bisa jadi motivasi pembaca. Missal kita bisa menulis tentang pencapaian dan kecakapan kita. Tapi, ya tetap saja… jangan berlebihan!
  2. Pikirkan manfaat produk anda. Bagaimanapun yang namanya orang membeli itu karena mereka butuh. Dan karena mereka ingin mengambil manfaat dari produk anda. Jadi kadang-kadang pembeli tidak peduli dengan keunggulan produk anda. Mereka berpikir, “Kalau saya tidak membutuhkan produk ini dan tidak ada manfaatnya buat saya, kenapa saya harus membelinya?”
  3. Logika Vs Emosi. Poin ini kebalikan dari poin no 2 di atas. Kalau tadi kita membahas pengunjung membeli karena mereka butuh, sekarang kita bahas pengunjung membeli karena mereka tidak butuh. Maksudnya bagaimana?? Contohnya, ya… para pengunjung yang hobi shopping. Mereka sering kali membeli barang yang tidak mereka butuhkan tapi mereka inginkan. Nah, ini tugas anda membuat pengunjung membeli yang mereka inginkan. Jadi, gunakan kata-kata yang bisa menimbulkan emosi untuk membeli. Jangan cuma kata-kata penuh emosi! Tahu kan bedanya?
  4. Pengalaman pribadi. Banyak orang yang tertarik dengan pengalaman pribadi. Jika anda memasang pengalaman pribadi dalam sales letter anda, tentu ini efektif. Karena sales letter yang demikian mampu membujuk pengunjung. Anda bisa ceritakan pengalaman anda setelah memakai produk yang anda jual.
  5. Susun kata-kata anda dalam bentuk list atau daftar. Jangan menulis poin-poin tentang produk anda dalam bentuk paragraph. Agar, pengunjung bisa jelas membaca apa saja menfaat produk anda. Dan, mereka bisa langsung membaca apa yang mereka cari. Oya, jangan lupa untuk membuat tulisan pendek dan to the point.
  6. Tidak perlu mengejar kesempurnaan. Tujuan sales letter itu menjual produk. Jadi, jangan terjebak dengan membuat sales letter yang bahasanya sempurna. Ejaan dan tata bahasa yang benar saja sudah cukup. Jadi, anda tetap menunjukkan profesionalisme. Dan, yang terpenting pengunjung mengerti maksud anda.
  7. Uji coba. Untuk mengetahui keberhasilan sales letter, anda harus mengujinya. Yupp!! Hasil uji coba bisa anda lihat dengan angka penjualan. Jika penjualan anda sudah tinggi, bisa dikatakan sales letter anda mampu membius pengunjung.
Satu hal yang tidak kalah penting, saat anda membuat sales letter bayangkan anda sedang berbicara dengan teman dekat anda. Ingat, pengunjung yang membaca sales letter punya kebutuhan masing-masing. Jika anda bisa berempati pada kepentingan mereka, penjualan anda akan meningkat!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

5 Tipe Headline untuk Sales Letter anda

5 tipe headline untuk sales letter andaAnda pernah membaca koran? Pasti pernah. Siapa sih zaman sekarang yang tidak pernah baca koran? Walau tidak setiap hari, tapi kita pasti pernah membacanya.
Saat anda membaca koran halaman mana yang anda baca lebih dulu? Depan? Belakang? Atau halaman tengah?
Kebanyakan orang membaca pasti dari depan ya? Karena kita biasanya mencari tahu headline lebih dulu. Di dalam headline inilah letak informasi yang terpenting hari itu. Ya… setidaknya dengan membaca judul headline kita tahu apa yang sedang “hot” hari ini.
Nah, sekarang kita akan bicarakan headline. Bukan headline koran, tapi headline sales letter untuk situs web affiliate. Kita sebut saja headline ini kepala tulisan. Sebenarnya bukan cuma sales letter yang perlu headline. Di setiap halaman web kita juga perlu kepala tulisan untuk mengawali seluruh isi halaman.
Sama seperti headline dalam surat kabar, headline di sini juga berisi informasi terpenting dalam sales letter atau halaman web anda. Dan letaknya juga di atas (namanya saja head (kepala)). :-) Headline inilah yang berfungsi menarik perhatian pengunjung pertama kali.
Headline ini harus menarik! Supaya pengunjung jatuh cinta dengan sales letter kita sejak pandangan pertama. Apalagi anda sedang memasarkan produk. Dengan sales letter yang menarik, pengunjung akan berminat membeli.
So, sebagai affiliate marketing, anda harus jeli memilih headline yang paling tepat. Ok…di bawah ini tipe headline yang bisa anda gunakan untuk sales letter.
1. News Headline
Headline semacam ini berisi informasi yang belum pernah pengunjung ketahui. Biasanya headline jenis ini digunakan untuk mengenalkan produk terbaru yang belum pernah ada. Atau setidaknya belum diketahui orang banyak. Misal, sales letter untuk produk mesin fotocopy warna.
2. Promise Headline
Headline jenis ini menjanjikan sesuatu pada pengunjung jika mereka mengikuti anjuran yang anda berikan. Misal seperti kalimat, “Segera gabung dan klik join now. Anda akan dapat ebook gratis.!”
3. Selective Headline
Anda bingung apa maksudnya selective headline? Ya, selective headline berarti memilih pengunjung. Headline ini langsung mengarah pada kelompok pengunjung tertentu. Tidak berlaku untuk semua pengunjung. So, dengan kata lain, headline ini khusus untuk sales letter yang produknya memiliki pangsa pasar tertentu.
Misal, “perawatan istimewa bagi anda yang mempunyai masalah dengan kesuburan rambut indah anda.”
Kekurangan sales letter ini tidak menjaring semua pengunjung. Jadi bagi mereka yang tidak punya masalah dengan kesuburan rambut tidak akan membaca sales letter anda lebih lanjut.
4. Curiosity Headline
Tujuan headline ini sebagai pemancing minat pengunjung agar tertarik membaca sales letter anda lebih lanjut. Atau dengan kata lain headline jenis ini mampu membuat pengunjung penasaran.
Contoh, “cara aman mengatasi insomnia.” Meski tidak semua orang mengalami insomnia, tapi banyak yang ingin tahu bagaimana cara mengatasi kesulitan tidur. Karena, sesekali dalam hidup seseorang pasti pernah mengalami kesulitan tidur. Apalagi bagi mereka yang hidup penuh dengan tekanan pekerjaan atau sering mengalami stress.
Nah, apa anda sering stress? Semoga tidak ya. :-)
5. Demand Headline
Biasanya produk dari headline jenis ini bisa menarik semua pengunjung. Ya, pangsa pasarnya lebih luas. Seperti apa?
Misal, “Bagaimana mendapat uang dengan cara mudah? Di sini jawabannya!” semua orang pasti tertarik dengan sales letter demikian. Siapa yang tidak ingin mudah mendapat uang? Nah, kalau banyak pengunjung yang penasaran dengan cara mendapat uang dengan mudah, berarti sales letter ini berhasil.
Yupp!! Headline ini biasanya menjawab ambisi banyak orang. Tapi, hati-hati dengan pilihan kata yang anda gunakan. Sebaiknya, jangan gunakan kata-kata yang berlebihan. Nanti pengunjung malah lari dari situs web anda. Karena, mereka susah percaya dengan kata-kata yang “selangit”.
Pembagian jenis headline ini tidak bertujuan mengikat kreativitas anda. Anda boleh juga kok menggabungkan jenis-jenis headline ini (headline hybrid). Selama penggunaanya efektif untuk sales letter produk, penggabungan ini sah-sah saja.
Oya, ada satu hal lagi yang perlu anda perhatikan dalam membuat headline. Jangan menulis headline menggunakan huruf besar semua. Karena, penulisan dalam huruf besar bisa mengurangi minat pengunjung dalam membaca sales letter. Anda boleh menggunakan huruf besar untuk kata-kata pilihan dan sifatnya penting.
Hmmm… sekarang anda pilih model headline yang mana?
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

5 Unsur Penting Sales Letter

5 unsur penting sales letterMelanjutkan obrolan tentang sales letter, kira-kira bagian apa lagi yang perlu anda tahu tentang sales letter?
Dalam artikel kemarin kita sudah bicarakan headline. Ya, headline itu boleh dibilang fungsinya sama dengan judul. Kenapa?
Pertama, jelas fungsinya sama-sama menarik minat pengunjung. Kedua, ya… karena dalam sales letter kita tidak punya kesempatan untuk membuat kalimat mubazir. Semua harus ditujukan untuk penjualan produk.
Ooppss! Saya hampir lupa. Dalam penulisan sales letter, perlu tercakup lima unsur penting. Anda mau tahu?
1. Perhatian
Unsur ini biasanya berada di judul dan subjudul. Di situlah, peluang awal kita untuk menarik perhatian pengunjung.
Kemarin kita sudah bahas headline habis-habisan, maka sekarang kita cukup bicarakan subjudul (sub-heading) saja. Ada yang berpendapat subjudul ini tidak harus kita tulis dalam sales letter. Karena fungsi subjudul ini mendukung headline (judul).
Subjudul berfungsi memperdalam perhatian pembaca. Tapi, jika headline yang anda buat sudah jadi magnet yang kuat bagi pengunjung, adanya subjudul hukumnya tidak lagi mutlak.
2. Minat
Untuk menarik minat pengunjung anda harus buat paragraf pembuka. Paragraf ini isinya bertujuan menyelesaikan masalah pengunjung. Apa maksudnya?
Ini berkaitan dengan produk yang anda jual. Misal anda jual obat sakit kepala. Maka dalam paragraph pembuka harus benar-benar anda jelaskan obat yang anda jual bisa menyelesaikan problem sakit kepala. Anda harus tunjukkan kalau obat anda ini yang paling tepat untuk masalah sakit kepala.
3. Hasrat
Selanjutnya anda bisa giring minat pengunjung menjadi niat untuk membeli. Anda bisa buat daftar manfaat atau keunggulan produk anda di bagian ini. Cantumkan manfaat produk yang anda promosikan.
4. Tindakan
Saat pengunjung ingin bertindak membeli, anda harus memberi mereka kemudahan. Jangan sampai pengunjung bingung dimana tempat untuk memesan produk anda itu.
Anda harus buat langkah-langkah pemesanan secara jelas dan ringkas. Contohnya dengan membuat link perintah KLIK DI SINI UNTUK MEMESAN. Sayang sekali bukan jika pengunjung sudah berniat membeli tapi mereka malah ngeloyor meninggalkan situs anda hanya karena kesulitan memesannya.
5. Penutup
Dalam unsur penutup ini anda bisa memberi iming-iming garansi dan bonus. Karena, dengan adanya garansi dan bonus pengunjung akan semakin yakin membeli produk anda.
Ok… sekarang kira-kira apa kesulitan terbesar anda dalam membuat sales letter? Jangan lupa ya, semua yang anda tulis dalam sales letter anda harus mengandung lima unsur penting di atas. Ya… tujuannya agar penjualan anda meningkat.
Sebagai affiliate marketer anda mesti sanggup merayu pengunjung dengan sales letter. Karena kelangsungan karir affiliate anda ditentukan keberhasilan menjualkan produk. Bukankah begitu?
So, jinakkan pengunjung anda dengan sales letter!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Sukses atau Gagal ada di Tangan anda

sukses atau gagal ada di tangan andaSaat mulai kenal bisnis internet, bagaimana perasaan anda? Mungkin ragu-ragu, pesimis, atau bahkan tidak percaya bisa kaya dari internet.
Ya… kadang memang begitulah kenyatannnya. Sering kita sendiri yang membuat “tembok penghalang” kesuksesan bagi diri kita. Kita terlalu pesimis memandang hidup. Seolah nasib yang tengah dialami tidak bisa diubah.
Begitupun mungkin dalam affiliate program. Para pemula yang berminat dengan affiliate program mungkin mengira bisnis ini sangat sulit dijalankan. Pertama kali kenal kita pasti tidak mudeng semua istilah yang ada di model bisnis ini. Pemahaman kita nol! Apalagi kalau kita malas belajar. Maka perasaan kita yang awalnya pesimis terhadap affiliate program akan makin terbukti.
Padahal, pasti jalan keluarnya adalah banyak belajar. Caranya bisa membaca, sering browsing, atau berdiskusi tentang affiliate program. Mau tidak mau kita harus berani bersusah payah demi menaklukkan ketidak-tahuan kita. Tidak ada ilmu yang datang sendiri tanpa dicari. Betul?
Kita sering lupa dengan lirik lagunya Bang Rhoma Irama, “berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.” Nah, itulah kenapa saya sering mengatakan kalau niat dan semangat adalah modal pertama dan utama. Tanpa niat dan semangat, kita tidak akan rela berakit-rakit dan berenang-renang?
Ok… selain sifat manusia yang kadang malas belajar, malas kerja keras, dan suka yang intan-instan, ada penyebab lain kenapa kita gagal di affiliate program. Apa saja itu? Anda penasaran?
  1. Cepat menyerah. Banyak sumber mengatakan berdasar fakta yang ada selama ini, dari sepuluh orang yang berbisnis internet, sembilan diantaranya mengalami kegagalan. Apa penyebabnya? Alasan utamanya karena kita terlalu cepat menyerah. Kita tidak bisa menjaga semangat secara teratur. Kita jadi terlalu bersemangat di awal dan cepat lelah setelahnya.
  2. Cepat bosan. Kita cepat bosan mengerjakan hal-hal yang detil. Misalnya, kita bosan melakukan riset. Atau, bosan menjaga trafic situs web affiliate yang kita punya.
  3. Ingin sukses tanpa berusaha. Nah, ini salah satu kelemahan kita yang paling menyusahkan. Belum apa-apa menjalankan affiliate program kita sudah tidak tahan ingin mendapat banyak komisi.
  4. Mogok di tengah jalan. Kita gampang berhenti sebelum target kita tercapai. Misal, saat belajar pembuatan situs web, entah belajar HTML, upload file dan gambar, atau membuat sales letter, belum selesai belajarnya sudah berhenti.
  5. Miliki pengetahuan dasar. Kita bisa saja meminta bantuan orang lain untuk menjalankan situs web (melakukan outsource). Tapi, anda pun baiknya tahu bagaimana cara kerja situs web dan bagaimana mengontrolnya.
  6. Terlalu asyik belajar. Poin terakhir ini kebalikan dari poin di atas. Kita terlalu lama terjebak menguasai pembuatan situs web. 90% dari waktu kita habis untuk belajar membuat situs web. Padahal, ada hal yang paling penting dilakukan. Yaitu, menjalankan target traffic yang sudah kita tentukan dan mengarahkan traffic yang ada menjadi customers setia.
Dari semua hambatan di atas, kira-kira apa ya solusinya?
Ya… sebaiknya kita pintar-pintar membagi waktu dan semangat. Ingat time is more than money. Waktu adalah salah satu penentu kesuksesan kita. Setiap detik adalah peluang mengantarkan kita lebih dekat dengan kesuksesan.
Belajar dari nol itu memang sulit. Tapi, bukan berarti tidak bisa kan? Dan, saat asyik-asyiknya belajar kita jangan terlena dan lupa dengan fokus. Fokus yang mana? Ya… menjual produk merchant. Ingat, meningkatkan pembelian produk adalah tujuan akhir dari affiliate marketer. Semakin banyak produk merchant kita jual, semakin banyak komisi yang kita dapat.
Dan semua itu anda yang menentukannya sendiri. Kesuksesan atau kegagalan ada di tangan anda. Jadi silakan pilih…. Semua pilihan ada konsekuensinya. Dan jalani pilihan anda dengan sepenuh hati.
Selamat memilih!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Cara Mudah Melejitkan Bisnis anda

change.jpg
Banyak teman yang bertanya mengapa begitu sulit melejitkan bisnis internetnya. Padahal mereka sudah berusaha luar biasa keras dan menghabiskan sebagian besar waktunya. Tapi hasilnya hanya begitu-begitu saja. Tidak pernah naik dari tingkat sebelumnya.
Apakah anda juga merasa begitu?
Tenang saja… anda tidak perlu pusing apalagi frustasi. Sekarang baca baik-baik, saya beritahu jalan keluarnya.
Kalau anda mau mengembangkan bisnis, kuncinya gampang saja, asal… (tentu ada syaratnya dong J), anda harus mau terbuka pada perubahan.
Ya, PERUBAHAN…!
Dalam bisnis, perubahan adalah nyawa. Setiap saat kondisi dan situasi bisa berubah. Contoh gampang juga bisa kita temukan saat ini. Kedelai yang dulu mudah kita dapatkan, sekarang sulitnya minta ampun. Kalaupun ada, harganya pasti sudah selangit. Contoh lainnya, dulu siapa yang menyangka bisnis internet bisa sepopuler saat ini. Tapi sekarang, wuiih… ramai banget. Tiap hari muncul ribuan situs baru dengan berbagai macam isinya.
Perubahan itu merupakan hal yang sangat alami. Coba deh lihat hal-hal kecil di sekitar anda. Dulu mungkin di kanan-kiri rumah anda masih kosong. Tapi sekarang mungkin selain rumah tetangga juga ada toko, warung, tukang tambal ban, dan lainnya.
Anda sendiri juga berubah kan? Dulu ketika bayi masih netek ibu, tapi sekarang tidak lagi kan ? J
Intinya…akrablah dengan perubahan. Jadikan perubahan sebagai teman paling dekat anda.
Kadang mungkin sulit bagi kita untuk berubah. Penyebabnya bisa karena kita sudah terlalu nyaman dengan kondisi saat ini. Atau mungkin juga karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi.
Seperti itulah memang dunia bisnis: selalu dipenuhi dengan ketidakpastian. Tapi jangan takut. Yang penting, agar bisnis anda bisa maju, anda harus secara konsisten selalu mengembangkan dan menjaga citra positif (merk dan produk) anda. Supaya tumbuh sikap loyal di hati konsumen anda. Dan tingkat kemajuan bisnis yang anda inginkan akan teraih.
Untuk mulai berubah, pertama anda harus selalu berpandangan bahwa perubahan adalah pendorong kesuksesan anda. Lihatlah perubahan sebagai hal positif. Cari tanda-tandanya. Kemudian… take action! Beraksi!
Tapi ingat, aksi perubahan yang anda lakukan harus selalu berdasar pada tujuan anda. Bila anda ingin kaya dari internet, tentu perubahan yang anda lakukan harus lebih mendekatkan anda dengan tujuan itu.
Juga cari cara yang paling sederhana dalam perubahan yang anda lakukan. Bisa dimulai dengan hal-hal kecil. Misal, jika anda biasanya minum kopi, gantilah dengan air putih yang lebih menyehatkan dan ekonomis. ^_^
Saya disini tidak sedang berbicara tentang bagaimana caranya membuat perubahan. Tapi saya lebih tekankan bagaimana melihat perubahan secara strategis dan melakukannya dengan penuh taktik. Jadi anda tidak asal-asalan dalam berubah, tapi dengan penuh perhitungan…
Tapi jika anda butuh resep-resep jitu untuk berubah. Lima tips di bawah ini akan membantu anda untuk membuat bisnis anda berkembang lebih baik.
  • Tetapkan target yang tidak mudah! Kesejahteraan dan kesuksesan anda sangat berhubungan dengan pikiran (mindset) anda. Begitu anda sudah merasa dalam kondisi yang nyaman, maka segalanya akan berhenti. Anda akan berhenti untuk melakukan hal baru, mengembangkan bisnis anda, dan berhenti mencari relasi baru.
  • Kembangkan dan tularkan kemampuan anda- Caranya ? Pelajari apapun! Bisa dari buku, koran, majalah, milis, atau apapun. Bahkan meski yang anda pelajari tidak berhubungan langsung dengan kemampuan anda. Misal, anda mengelola blog tentang ekonomi, anda juga bisa belajar tentang dunia otomotif. Dan kaitkan antara kedua sehingga anda mendapat pengetahuan baru, seperti mobil-mobil yang paling banyak dicari orang di tahun 2008? Atau model-model sepeda motor terbaru yang paling disukai konsumen?  Tapi bagaimanapun, anda tetap harus focus pada keahlian/bidang yang anda tekuni. Dan satu lagi yang penting, tularkan pengetahuan dan kemampuan anda pada orang lain. Agar mereka juga bisa seperti anda.
  • Cari ide yang luar biasa. Temukan pemecahan persoalan yang sampai saat ini belum ditemukan orang lain. Ya, ide yang mungkin sederhana tapi luar biasa karena dapat membantu memecahkan persoalan mereka. Kemudian sampaikan dan lakukan dengan penuh percaya diri walau orang lain mungkin menganggap anda gila…
  • Dapatkan Nilai Lebih- Tidak masalah apapun yang anda tawarkan, yang pasti selalu tingkatkan produk dan layanan anda. Berikan juga produk-produk tambahan yang tidak konsumen bayangkan sebelumnya. Beri pelayanan yang melebihi harapan mereka. Sehingga mereka akan selalu merekomendasikan anda pada konsumen lain.
  • Petakan Konsumen- Jika anda sudah melakukan langkah-langkah di atas, anda akan lebih mudah menaikkan harga produk anda. Sediakan waktu lebih banyak untuk berhubungan dengan konsumen yang menghasilkan penjualan tinggi. Dan cukup beri sedikit waktu bagi konsumen yang kurang prospektif. Sehingga anda bisa melayani konsumen potensial dengan lebih baik. Ingat, petakan konsumen berdasarkan penjualan, bukan lamanya anda berhubungan dengannya!
Sementara seperti saya selalu katakan, perubahan adalah nyawa bisnis. Begitu anda berhenti, maka orang lain akan menggantikan anda. DAN ANDA AKAN BERHENTI SELAMANYA!Saya tidak menakut-nakuti. Tapi memang seperti itu yang sering terjadi. Karena itu, begitu sebuah target tercapai, buat target baru. Bahkan mungkin target yang tampaknya impossible.

Seperti saya dulu bercita-cita ingin kaya dari internet. Banyak yang mencemooh dan menertawakan saya. Tapi sekarang target itu sudah tercapai. Dan saya punya target baru: saya harus membuat anda semua kaya dari internet…
Target baru akan membuat anda bersemangat lagi dan membuat hidup anda lebih menantang…

Intinya, jangan pernah merasa nyaman dengan suatu keadaan ! Selalu coba tantangan-tantangan baru yang akan membuat bisnis anda lebih berkembang.
Sekarang anda sudah siap berkawan dengan perubahan?
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Banyak Teman Banyak Rejeki

teman online adalah rejekiAnda pasti sering dengar pepatah ”Banyak anak banyak rejeki.” Nah, kalau saya sih…”Banyak teman banyak rejeki!
Dalam bisnis internet, punya banyak teman online itu berkah. Ya, mereka adalah sumur uang saya. Ini sangat membantu perkembangan bisnis saya. Dan yang lebih mengenakkan, banyak sekali keuntungannya.
Relasi-relasi online biasanya melakukan dua hal utama. Pertama, hanya mengunjungi situs saya dan melakukan pembelian. Dengan cara ini mereka telah membantu saya mendapat penghasilan. Dan, biasanya saya akan menginvestasikan lagi penghasilan tadi.
Kedua, mereka mempublikasikan situs saya. Wah, ini dia yang paling menguntungkan. Mereka akan merekomendasikan situs saya pada orang-orang lain. Promosi gratis dari mulut ke mulut membuat situs saya populer. Produk-produk saya otomatis ikut terkenal dan laris. Amin…
Iklan dan promosi itu perlu. Syukur-syukur kalau Anda bisa beriklan terus-menerus. Tapi, biasanya Anda akan memberikan alokasi dana yang terbatas. Maklum, beriklan kan tidak gratis. Jadi, iklan ini tergantung pada pemasukan yang Anda peroleh. Dengan kata lain, situs dan produk Anda harus ada yang terus beli kan? Tapi, bagaimana mau beli ya kalau promosinya tersendat?
Bagaimana solusinya?
Anda kan tidak bisa memaksa setiap orang untuk tahu tentang bisnis situs Anda. Yup! Lagi-lagi Anda harus bersyukur punya teman-teman online. Mereka bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukan iklan. 
Situs Anda yang sudah kadung terkenal, jadi andalan anda. Ingat, ini gara-gara kemampuan manusia yang bisa meyakinkan manusia lain. Mereka yang sudah membuktikan kualitas situs anda akan terus percaya pada anda. Dan kepercayaan ini menjadi garansi bagi calon-calon pelanggan yang baru. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk iklan. Karena Anda pasti sudah memiliki pelanggan-pelanggan setia.
Luar biasa! ini terjadi karena brand anda sudah mendapat tempat di hati mereka.
Menarik minat orang itu penting namun tidak mudah. Tidak ada minat dari orang lain sama saja situs anda tidak akan laku. Tentunya, anda tidak ingin yang demikian terjadi bukan?  Makanya, sering sekali kita dengar nasihat-nasihat marketing untuk terus menarik pelanggan. Dan, pada waktu bersamaan, anda harus memelihara brand agar terus diingat sebagai yang terbaik. Jadi nanti anda tidak perlu khawatir, keuntungan akan terus mengalir.
3 Langkah Mudah Mengembangkan Bisnis di Internet
Ada tiga cara yang biasanya saya lakukan untuk mendapatkan teman sehingga bisnis internet saya terus berkembang dan menguntungkan. Anda boleh menyontek:
  1. Rebut perhatian. Ciptakan sebuah pertunjukan. Tampil beda. Demonstrasikan integritas anda. Dan, kembangkan gaya anda sendiri. Ingat, tujuan anda adalah terus mengembangkan bisnis anda dan seluruh dunia harus tahu tentang bisnis anda. 
  2. Jual diri anda. Mengapa pelanggan memilih situs anda? Bukan milik pesaing? Mengapa teman-teman anda memilih menjadi pelanggan blog anda? Apa yang membuat mereka bertahan? Dan yang lebih penting, masalah apa saja yang sudah anda pecahkan? Website anda sebaiknya memuat kebutuhan-kebutuhan spesifik. Jika tidak, ciptakan suatu masalah. Dan buat solusinya sendiri. Jual diri anda. Maksudnya, populerkan pada orang-orang bahwa andalah satu-satunya orang yang bisa mengatasi masalah itu. situs anda harus jadi situs yang penting dan tak tergantikan.
  3. Jagalah pendukung. Pelanggan itu biasanya tidak bisa langsung percaya pada situs kita. Kepercayaan itu datang sedikit demi sedikit. Untuk membuatnya lebih cepat, bergaulah dengan baik. Oya, bagaimana caranya mendapatkan pelanggan setia? Kuncinya, jual saja ide-ide, filosofi dan konsep-konsep. Jangan melulu produk. Kedermawanan, integritas, dan konsistensi juga harus dijalankan.
Langkah-langkah di atas sangat penting. Terapkan dan yakinlah, bisnis internet anda akan terus berkembang.
Anda tahu Markus Frind? Pengusaha asal Kanada yang punya situs PlentyofFish.com. Website terbesar di dunia yang tamunya adalah para pencari jodoh. Tahun 2006 lalu, dari situs yang sepertinya sepele ini, Markus bisa mengantongi $10,000 per hari! Berapa ya penghasilannya dalam satu tahun? Kita pasti iri… $5 sampai 10 juta dolar!
Wow! Fantastis!
Mau seperti Markus? Ayo kita tingkatkan kualitas situs kita. Dan, terus jalin relasi online. Pasti kita bisa menjaring banyak ikan seperti Markus. 
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup KLIK link ini! Terimakasih.

Nonton TV: Cara Terpopuler Membuang Waktu Sia-Sia

tvjunkie.jpg
”Aku ingin cepat dapat kerja. Kalo bisa kerjaan yang bisa digarap di rumah, males kalo musti kerja kantoran yang rutin berangkat pagi pulang sore.”  Begitu kata saudara saya yang baru lulus kuliah.
”Coba bisnis internet!” jawab saya enteng.
Saya sudah buktikan, bisnis ini memang menghasilkan banyak uang. Dan, yang terpenting tidak ribet. Kita bisa atur waktu kerja sendiri. Fleksibel. Tidak takut bangun kesiangan dan terlambat masuk kantor. Juga, tidak ada bos atau atasan yang rewel. Enak bukan?
Tidak usah bingung mulai dari mana. Mulai dulu dari komitmen yang kuat. Tapi, pasti awalnya Anda akan bertanya-tanya, ”Sanggupkah saya jalankan bisnis semacam ini?” Ini mudah, Anda cuma butuh fokus! Ya FOKUS! Curahkan perhatian sepenuhnya. Tinggalkan pekerjaan lain yang tidak menjanjikan hasil besar.
Jika masih ragu, ikuti apa yang dulu saya lakukan. Pertama, saya hitung dulu penghasilan yang bisa saya peroleh. Lalu, saya renungkan apa yang diharapkan dari pekerjaan ini. Apakah dalam 6 bulan pekerjaan ini sudah bisa memberikan hasil? Dan, apakah pekerjaan ini bisa terus berlangsung?
Setelah menceburkan diri di bisnis ini, anda harus pintar mengatur peluang. Manfaatkan waktu dan kesempatan yang Anda miliki. Pandailah menghitung keuntungan dari setiap kegiatan yang anda lakukan. Misalnya, menonton TV.
Bagi banyak orang, menonton TV itu tidak merugikan karena kita bisa terhibur. Tapi pernahkah anda sadari, dengan menghabiskan waktu menonotn TV, anda telah menyia-nyiakan aset yang sebenarnya bisa produktif.
Sebaiknya jual saja televisi anda. Uang hasil penjualan itu bisa untuk investasi bisnis di internet. Yakinlah, kita pasti mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. Jika anda keberatan menjual tv anda, paling tidak singkirkan dia dari pandangan anda.
Tapi, mengapa televisi yang kita singkirkan? Kenapa bukan barang yang lain?
Dengan adanya TV di rumah, setiap hari kita memiliki peluang untuk membuang waktu secara percuma. Nonton TV selama 5 jam setiap hari, sama dengan menggunakan waktu 5 x 30 = 150 jam setiap bulan. Sama dengan 1800 jam setiap tahun. Berarti anda telah membuang 75 hari waktu yang sebenarnya bisa anda gunakan untuk produktif. Tanpa TV, anda bisa gunakan waktu anda untuk mengurusi bisnis baru anda di internet.
Satu lagi yang sering luput dari perhatian kita adalah efek iklan. Iklan-iklan yang membombardir kita setiap hari bisa membuat kita bertindak boros. Ada iklan produk baru dan tempat makan baru, kita pasti ingin coba. Dan, sudah pasti kita mengeluarkan biaya tambahan untuk ongkos coba-coba ini. Biaya ini saya sebut biaya kesempatan. Semakin sedikit Anda membuka kesempatan, semakin sedikit pengeluaran Anda.
Nah, gambaran tentang tv di atas berguna bagi anda yang akan memulai bisnis internet.  Mengapa Anda melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak banyak bermanfaat? Padahal, di waktu yang sama Anda bisa menghasilkan uang. Setuju? 
Agar waktu Anda lebih efektif, saya punya cara menyeleksi kegiatan-kegiatan bermanfaat. Sebelum melakukan suatu hal, sebaiknya kita pikirkan,
  • Apakah pekerjaan ini mulai menghasilkan uang?
  • Berapa banyak yang bisa dihasilkan?
  • Berapa lama waktu yang diperlukan?
  • Pekerjaan penting apa yang juga bisa kita lakukan bersamaan dengan pekerjaan ini?
  • Efektikah jika kita serahkan pekerjaan ini pada pihak lain?
  • Pengeluaran apa saja yang kita keluarkan untuk pekerjaan ini?
  • Apakah pekerjaan ini termasuk berjangka panjang?
Kadang saya sengaja tidak menyapa teman-teman blogger saya. Soalnya, menulis dan mengomentari blog orang lain itu menyita banyak waktu dan energi. Padahal saya harus mengurusi blog dan website saya sendiri. Agak egois memang. Memang benar saya menjalin relasi online, memasarkan situs, dan memberi masukan untuk blogger lain. Tapi, ini hanya demi membuat situs saya lebih terekspos dan populer. Tidak ada yang gratis!
Anda musti ingat, sumber penghasilan dalam bisnis internet itu tidak terbatas, tapi sumber daya yang anda miliki sangat terbatas, misalnya waktu anda, tenaga anda, dan sebagainya. Prioritaskan apa yang dapat Anda lakukan dan aturlah sebaik mungkin. Nonton TV? No way!
Btw, saya jarang nonton tv lho!
Bagaimana dengan anda? Setuju jika waktu berharga dipakai untuk kegiatan yang lebih produktif?
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Harga Yang Harus Anda Bayar Jika Tidak Konsisten

By. Nadi Permana

Anda tidak konsisten begini hasilnya.Saya yakin anda sering atau paling tidak pernah membaca kisah sukses orang lain, bagaimana mereka bisa berhasil, strategi apa yang mereka pakai dan apa yang perlu anda lakukan agar anda bisa sukses seperti mereka. Banyak contoh orang sukses yang bisa anda temukan diluar sana, dengan bidang keahlian yang berbeda dan strategi sukses yang berbeda pula.
Sudah berapa banyak nasehat guru yang anda dengar? Berapa banyak ilmu yang sudah anda serap? Berapa banyak hal baru yang sudah anda coba? Sadarkah anda, semakin banyak ilmu yang sudah anda pelajari, justru semakin menjauhkan anda dari kesuksesan. Hampir semua pemula mengalami masalah ini, dan ini cukup fatal untuk keberhasilan mereka.
Mari kita bahas dalam contoh
Suatu ketika guru A menawarkan rahasia suksesnya berbisnis online kepada anda, dan anda sangat tergoda untuk membelinya. Informasinya sangat menarik sehingga bisa membangkitkan hasrat untuk memiliki strategi rahasia tersebut. Anda berharap semoga inilah rahasia yang selama ini anda cari. Strategi mujarab di dalamnya mungkin bisa mengubah nasib anda dalam waktu singkat.
Kemudian setelah anda membeli informasi rahasia dari guru A, mempelajarinya, anda menjadi sangat antusias dan siap mencoba strategi yang sudah dibeberkan oleh guru A. Anda yakin, jika anda konsisten menerapkan ilmu guru A, anda akan bisa sukses seperti dia.
Tapi lambat laun anda mulai meragukan keampuhannya. Bukan karena anda telah mencobanya, tapi karena anda mulai bertanya-tanya: ‘Adakah rahasia lain yang lebih ampuh dari ini?’ Dan tepat di hari yang sama, anda menemukan informasi menarik lainnya dari guru B.
Belum selesai anda belajar pada guru A, focus anda mulai beralih kepada guru B yang menawarkan informasi lain yang menurut anda lebih menarik dan lebih praktis. Tapi sayang, petualangan anda tidak hanya berhenti disitu… setelah beberapa bulan berjalan, kini anda telah bersama guru J dengan informasi yang tentu saja paling menarik menurut anda.
Sampai saat ini sudah sepuluh informasi yang anda beli, namun tidak ada satupun yang benar-benar sempat anda terapkan. Benar anda fokus saat pertama membuka jurus rahasia mereka, tapi itu hanya bertahan tepat sebelum anda menemukan informasi baru lainnya.
Anda tahu hasil akhirnya? Anda hanya terus berputar, menghabiskan banyak waktu, tenaga, uang dan pikiran anda untuk sesuatu yang tidak akan pernah anda pakai agar bisa membawa hasil.
Akhirnya anda menjadi bingung!
Pada saat anda kebingungan seperti itu, hal yang lebih menyedihkan terjadi. Anda mencari guru lain yang bisa membantu anda menghentikan semua itu. Karena bingung, anda terus mencari seseorang yang bisa membuat “jelas” semuanya dan membantu anda memulai dari awal lagi.
Semakin banyak informasi yang anda cari, semakin bingung anda jadinya. Semakin bingung anda, semakin banyak informasi jurus pamungkas yang anda buru. Begitu seterusnya sampai akhirnya ini berubah menjadi lingkaran setan, tidak berujung pangkal.
bisnis internet tanpa konsistensi
Ingat hamster yang terus berlari diputaran roda? Seperti itulah kondisi anda. Ingat anjing yang berputar terus menerus mengejar ekornya? Seperti itulah kondisi anda.
 Anda mulai membeli berbagai produk informasi, beralih dari satu penawaran ke penawaran berikutnya. Satu-satunya hal yang mungkin bisa menghentikan anda melakukan kebodohan ini adalah jika anda sudah kehabisan uang, kehabisan waktu, dan kehabisan tenaga.
Disitulah saat yang tepat untuk bilang ke semua orang:
“Bisnis internet itu bullshit! Jangan sekali-kali mencoba bisnis di internet, kalian akan gagal. Lihatlah saya… uang sudah habis tapi tidak sepeserpun yang saya hasilkan!”
Bagaimana? Bukankah sangat menyedihkan berada dalam kondisi seperti ini? Ironisnya, hampir sebagian besar pemula mengalami hal ini. Akuilah!
Jika memang keadaan anda seperti itu, lakukan hal berikut…
Pertama, hadapi kenyataan bahwa ini memang terjadi dalam bisnis anda. Berjalan bahkan berlari ditempat tanpa membawa anda kemanapun.
Jangan salahkan diri anda. Situasi seperti ini juga terjadi pada banyak orang. Bahkan jauh lebih banyak dari yang anda bayangkan. Jadi, tenang saja, anda tidak sendirian.
Terima kenyataan bahwa anda sedang berjalan diatas roda hamster dan putuskan bahwa hari ini anda akan turun dari roda itu. Memang tidak mudah menghentikan kecanduan informasi (anda membeli informasi yang satu, lalu membeli yang lainnya). Tapi anda harus melawannya.
Tidak ada yang salah dengan produk-produk informasi yang ada diluaran sana. Informasinya sangat bagus dan strateginya bisa memberi hasil bagus jika anda menerapkannya. Namun yang sudah anda pegang saat ini sudah cukup. Tidak perlu memiliki semua informasi yang ditawarkan di hadapan anda. Percayalah, anda tidak akan sanggup menghabiskannya.
Setiap informasi memiliki jalur atau bidang yang berbeda-beda. Jika itu bukan jalur anda, sebagus apapun… anda tidak membutuhkannya. Alangkah baiknya jika tetap berada di jalur anda dan tidak berganti arah sebelum benar-benar merasakan nikmatnya kesuksesan meniti karir dijalur yang sudah anda tetapkan sebelumnya. Baru setelah anda sukses di satu jalur, silakan coba gagasan-gagasan BARU lainnya ke dalam bisnis anda, itupun jika dia tidak terlalu melenceng dari jalur bisnis anda.
Lalu apa yang saya harus lakukan ?
Mulailah tanya diri anda sendiri,
“Ilmu apa yang sudah saya ketahui?”
“Strategi apa yang sudah memberi hasil (meskipun hanya satu dollar)?”
“Cara seperti apa yang paling nyaman saya jalankan?”
“Apa yang paling cocok bagi saya, dengan minat dan kemampuan saya saat ini?”
Setelah itu mulailah membuat jalur anda sendiri. Buat perencanaan yang baik untuk menghasilkan uang dari bisnis di internet dan tetapkan diri anda untuk mengikuti jalur tersebut.
Mari kita sharing disini, apakah anda pernah menanggung akibat karena tidak konsisten dalam bisnis?
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. 
Terimakasih.

Tentukan Target anda Sekarang!

Apa target anda?Satu pertanyaan klasik selalu terlontar tiap tahun .  “Apa target saya tahun ini?”
Jika anda sudah punya jawabannya, itu bagus. Karena, dengan memiliki target yang jelas, anda akan melangkah lebih percaya diri.

Mungkin saja di antara kita masih ada yang kecewa dengan target yang belum tercapai tahun lalu. Tapi, kekecewaan ini harus segera diatasi. Waktu sangat berharga karena ia tidak bisa diputar ulang. Jadi, apa gunanya berlarut-larut dalam kekecewaan?
Buka pikiran dan hati anda dan ingat, kita masih punya kesempatan di tahun berikutnya. Ya, kesempatan emas di tahun ini. Percayalah tahun ini sesuatu yang luar biasa akan terjadi dan mengubah hidup anda, bahkan juga orang-orang di sekitar anda.
Keyakinan seperti ini juga saya tanamkan pada diri saya. Bahkan sejak dulu saat saya mulai memutuskan ‘Ya! Saya akan mulai dan sukses di bisnis internet!‘
Berbekal rasa optimis, ketekunan, dan kerja keras, satu persatu tujuan saya tercapai. Saya yakin, anda tentu juga bisa melakukannya lebih dari saya.
Ucapkan pada diri anda, “Tahun 2011 adalah tahun saya!”
Segarkan pikiran, ciptakan peluang-peluang baru! Kembangkan berbagai kreativitas baru dalam bisnis. Tinggalkan strategi lama yang sudah usang dan tidak mendatangkan hasil, dan mulai gunakan strategi baru. Terbukalah pada perubahan!
Jika anda punya tujuan, petakanlah! Susun berdasar jangka waktunya. Ada jangka panjang, menengah, dan jangka pendek, kemudian jalankan. Tetapi, jangan lupa juga untuk menjalaninya secara alami. Jangan sampai target-target itu justru membelenggu anda. Jangan biarkan diri anda tertekan karena banyak target jangka pendek yang tidak terpenuhi sehingga merasa khawatir gagal meraih apa yang sudah diidam-idamkan. Ini bahaya!
Tujuan hanyalah poin-poin atau jalur penanda. Kurang lebih seperti rambu lalu lintas yang akan membantu anda agar tidak tersesat atau menuju arah yang salah. Jadi, cobalah bersikap lebih terbuka dan fleksibel. Rebut setiap kesempatan yang membantu anda ke arah tujuan. Lakukan hal-hal yang sekiranya realistis dan dapat anda lakukan.
Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa anda renungkan:
  1. Biarkan setiap kejadian merubah hidup anda. Anda harus mau berkembang karena andalah orang yang  menciptakan dan menghidupkan adanya perubahan itu. Terbukalah pada pengalaman-pengalaman yang sebelumnya pernah anda alami. Anda harus mau belajar dari pengalaman-pengalaman masa lalu…
  2. Proses itu lebih penting dari hasil. Jika hasil mengendalikan proses, kita hanya akan jalan di tempat. Kita akan selalu terpaku di tempat kita ada sekarang. Tidak berkembang! Sebaliknya, jika proses mengendalikan hasil, meski kita belum melihat tujuan kita, tapi kita tahu pasti kita akan sampai disana. Yakinlah!
  3. Mulailah dari manapun anda berada. Ketidaktahuan untuk memulai dari mana sering membuat kita tidak beranjak. Ambilah inisiatif. Lakukan dari manapun anda berada, sekarang juga!
Jadi, tentukan target dan tujuan anda tahun ini. Andalah yang menjadi penuntun target. Andalah pusat dari target-target anda. Andalah yang mengendalikannya, bukan target yang mengikat anda. Dan, jangan pernah berhenti berubah… ke arah yang lebih baik tentunya…
Bagaimana dengan anda? Apa target anda tahun ini?
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda.
Terimakasih.